Pemprov Tebang 190 Pohon di Monas, Sekda DKI: Sudah Kami Tanam Lagi

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Pemprov Tebang 190 Pohon di Monas, Sekda DKI: Sudah Kami Tanam Lagi
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Saefullah mengatakan renovasi Monas dikerjakan dengan mengacu pada Keppres nomor 25 tahun 1995 tentang penataan kawasan Medan Merdeka.

Suara.com - Revitalisasi Monas sisi selatan menuai polemik karena menebang hingga ratusan pohon. Terkait hal itu, proyek ini dianggap sudah dikerjakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan renovasi Monas dikerjakan dengan berpedoman pada Keputusan Presiden nomor 25 tahun 1995 tentang penataan kawasan Medan Merdeka.

"Pemprov melakukan sayembaya kawasan medan merdeka merujuk pada Keppres 25/95 dalam sayambara itu konsepnya memang unthk keseluruhan kawasan," ujar Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020).

Penataannya, kata Saefullah, tetap membuat kawasan Monas tetap hijau. Bahkan ia mengaku akan menunjukan kepada masyarakat bahwa pihaknya tetap memiliki rasa peri kepohonan.

"Kami akan mengundang semuanya bagaimana Pemprov DKI mengelola rasa peri kepohonan. Bagaimana kami ini menyayangi pohon karena dia mahkluk hidup juga," jelasnya.

Suasana Proyek Revitalisasi taman sisi selatan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (23/01).[Suara.com/Alfian Winanto]
Suasana Proyek Revitalisasi taman sisi selatan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (23/01).[Suara.com/Alfian Winanto]

Meski ratusan pohon telah ditebang, Saefullah mengatakan akan kembali menanamnya di beberapa kawasan Monas. Kawasan parkiran IRTI juga akan dijadikannya sebagai ruang terbuka hijau yang menampung banyak pohon.

"Kemarin memang ada beberapa pohon yang kita kelola. Sekarang pohon itu sudah kami tanam di sisi barat ada 55 pohon, di sisi timurnya ada 30 pohon sudah kita tanam," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS