Teror Corona, Menhub Tak Larang Pesawat China Masuk Indonesia

Pebriansyah Ariefana | Novian Ardiansyah
Teror Corona, Menhub Tak Larang Pesawat China Masuk Indonesia
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Ria Rizki)

Pemeriksaan bisa dilakukan dengan mendeteksi suhu panas tubuh kepada para warga negara asing yang baru saja tiba di Indonesia.

Suara.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau agar pihak bandara dapat mencegah terjadinya penyebaran virus Corona. Pencegahan itu, lanjut dia, dapat dilakukan dengan mengecek para warga negara asing, khususnya tujuan asal negara China ke Indonesia.

Budi berujar, pemeriksaan bisa dilakukan dengan mendeteksi suhu panas tubuh kepada para warga negara asing yang baru saja tiba di Indonesia. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan guna menjaga setiap pintu masuk ke Indonesia, termasuk bandara dan pelabuhan.

"Kalau dari China saya sudah tugaskan untuk menjaga agar masuknya itu dijaga dengan baik, dengan indikator thermal dan sebagainya. Petugas di front liner pakai masker tapi ya lakukan as usual saja. Kita sebagai tuan rumah harus kooperatif," ujar Budi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Terkait adanya pencegahan dan antisipasi masuknya virus Corona tersebut, Budi mengatakan bahwa tidak ada larangan masuk bagi warga negara asal China.

"Nggak ada,"

Sebelumnya, Budi meminta seluruh pemangku transportasi untuk melakukan sejumlah upaya antisipasi pencegahan masuknya Virus Corona ke Indonesia. Terutama transportasi penerbangan untuk melakukan upaya preventif yang lebih intensif.

Menhub Budi mengungkapkan upaya-upaya yang perlu dilakukan oleh para operator sektor transportasi udara dan laut yaitu melakukan pemantauan dan pemeriksaan penumpang dan kru yang lebih intensif, khususnya dari tujuan asal negeri China.

“Menindaklanjuti imbauan dari Mensesneg, saya meminta seluruh pemangku kepentingan transportasi khususnya di sektor udara dan laut untuk memerhatikan perkembangan Virus Corona di Wuhan, China dan melakukan upaya preventif yang lebih intensif,” jelas Menhub Budi Karya dalam keterangan tertulis.

Juga melakukan koordinasi intensif dengan para pemangku kepentingan khusus Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat, agar petugas di bandara dan pelabuhan internasional yang dilalui penumpang dari tujuan asal negeri China diharapkan menggunakan masker.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS