Cari Penggantinya, Sandiaga Usul Buat Sesi Debat Terbuka untuk Cawagub DKI

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Cari Penggantinya, Sandiaga Usul Buat Sesi Debat Terbuka untuk Cawagub DKI
Sandiaga Uno saat peresmian Rumah Galeri OK OCE Ina Makmur Surabaya, Sabtu (1/2/2020). (Suara.com/Arry Saputra).

Ada dua kandidat Cawagub DKI, yakni Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansyah Lubis dari PKS.

Suara.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menyarankan agar diadakannya sesi debat Cawagub DKI Jakarta. Diketahui, kekinian ada dua kandidat yakni Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansyah Lubis dari PKS.

Sandiaga menuturkan, daripada menjalani fit and proper test leboh baik panitia menyiapkan panggung debat. Ia menilai hal itu bisa memperlihatkan segala pandangan kedua calon soal DKI Jakarta.

Sandiaga mengatakan kalau ada sesi fit and proper test pasti akan digelar secara tertutup dan publik tidak dapat menyaksikannya. Sedangkan kalau panggung debat justru bisa disaksikan publik sembari mendatangkan beragam ahli dari segala aspek.

"Kalau debat itu bisa terbuka dan bisa diajak akademisi, para pegiat lingkungan, pegiat transportasi, pegiat tentang polusi udara dan sebagainya untuk disampaikan cawagub ini pandangan-pandangan mereka," kata Sandiaga saat ditemui di Gedung KK, Kompleks Parlemen, Selasa (4/2/2020).

Mantan Wagub DKI Jakarta itu menilai sosialisi terhadap wawasan dan kemampuan dari kedua cawagub tersebut patut dilakukan. Akan tetapi ia mengusulkan kalau pelaksanaannya tidak dilakukan secara berlarut-larut.

"Tapi cepat sosialisasikan time tablenya seperti apa, kapan paripurnanya, sebelum itu bisa diisi diskusi publik, dengan debat kalau bisa," ujarnya.

Lebih lanjut, Sandiaga berharap kalau proses pemilihan Cawagub DKI Jakarta bisa cepat selesai. Pasalnya, kursi wagub DKI Jakarta sudah kosong setahun lebih.

"Dulu saya salah satu alasan utama saya berhenti dari Wagub DKI dan mengikuti Pilpres 2019 agar posisi Wagub itu cepat terisi dan bisa menjadi pendamping Pak Anies," tuturnya.

"Sekarang sudah 18 bulan, sudah cukup lama ini tertunda kita berharap dari dua sosok itu bisa terpilih dan dari siapa pun dipilih DPRD segera bisa bekerja menuntaskan rencana kerja yang sudah dicanangkan pada periodr 2017-2022," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS