Peringatan Kebakaran Hutan, Jokowi: Hati-hati Riau, Jambi, Sumut dan Sumsel

Pebriansyah Ariefana | Yosea Arga Pramudita
Peringatan Kebakaran Hutan, Jokowi: Hati-hati Riau, Jambi, Sumut dan Sumsel
Presiden Joko Widodo (Suara.com/Arga)

Jokowi menyebut jika sudah mulai muncul titik api di Kabupaten Siak dan Kabupaten Dumai yang berada di Provinsi Riau beberapa waktu lalu.

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalakan alarm waspada terhadap insiden kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di Indonesia. Untuk itu, dia mengingatkan kepada jajaran Pemerintah Provinsi untuk melakukan pencegahan serta penanggulangan.

Jokowi menyebut jika sudah mulai muncul titik api di Kabupaten Siak dan Kabupaten Dumai yang berada di Provinsi Riau beberapa waktu lalu. Dia meminta agar hal tersebut untuk segera diatasi.

"Dua minggu lalu sudah mulai ada api di Siak, Kabupaten Siak, Dumai untuk segera padamkan. Padamkan, jangan sampai tambah dua, tambah tiga, tambah lima. Setop waktu muncul satu. Hanya itu yang bisa kita lakukan agar api tidak membesar. Kalau sudah gede, apalagi kalau masuk ke lahan gambut, ke peatland lebih sulit lagi," sambungnya.

Meski telah menghabiskan banyak air untuk upaya pemadaman, hal tersebut masih belum selesai. Sebab, meski api sudah berangsur padam, asap tebal masih menjadi momok dewasa ini.

"Dikucurin berapa ton air pun juga, atasnya saja yang apinya padam, bawahnya masih panas. Asapnya masih keluar karena bawahnya masih api. Hal-hal seperti ini yang harus terus kita sadarkan kepada masyarakat kita," papar Jokowi.

Jokowi kembali mengingatkan pada jajaran Pemerintah Provinsi mulai dari Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan, hingga Papua untuk tetap wasapda. Selain itu, dia meminta seluruh Pemerintah Provinsi di Pulau Jawa hingga di Nusa Tenggara Timur melakukan antisipasi.

"Hati-hati sekali lagi Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumaterea Selatan. Meskipun provinsi-provinsi yang lain juga hati-hati. Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah juga hati-hati meskipun sangat kecil. Kalimantan Timur di situ hati-hati betul dan provinsi-provinsi di Jawa maupun di Sulawesi, NTT NTB sampai Papua, semuanya hati-hati," papar Jokowi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS