Jalani Uji Kelayakan, Gibran Akan Dites Soal Kepemimpinan dan Komitmen

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Jalani Uji Kelayakan, Gibran Akan Dites Soal Kepemimpinan dan Komitmen
Bakal calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di kantor DPP PDIP Perjuangan, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020). (Suara.com/Ria Rizki)

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, fit and proper test yang akan dijalani ketiganya untuk menguji komitmen menjadi kepala dan wakil daerah.

Suara.com - DPP PDI Perjuangan menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test untuk Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo di kantor DPP PDIP Jakarta pada Senin (10/2/2020). Para kandidat akan diuji kemampuannya dalam memimpin serta memajukan Surakarta.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan tersebut, hadir tiga kandidat, yang teridiri dari dua kandidat calon wali kota dan satu calon wakil wali kota. Kandidat calon wali kota tersebut, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo. Sedangkan, Teguh Prakosa sebagai kandidat wakil wali kota .

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, fit and proper test yang akan dijalani ketiganya untuk menguji komitmen menjadi kepala dan wakil daerah. Selain itu, kemampuan dalam hal kepemimpinan pun akan diuji dalam fit and proper test tersebut.

"Tentu saja aspek-aspek leadership itu sangat penting tetapi juga konsepsi," kata Hasto di Kantor DPP PDIP.

Sebaliknya, DPP PDIP akan menilai ketiga kandidat tersebut dari segala aspek. Mulai dari survei masyarakat, nilai kepemimpinan dan komitmennya dalam membangun kota Surakarta.

Tiga kandidat tersebut akan diuji oleh panelis yakni Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani, serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot S Hidayat.

"Pak Djarot Saiful Hidayat yang memang punya pengalaman luas sebagai wali kota dua periode sebagai anggota DPR, sebagai wakil gubernur dan gubernur," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS