Fit and Proper Test di PDIP Selesai, Gibran Tunggu Keputusan Megawati

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Fit and Proper Test di PDIP Selesai, Gibran Tunggu Keputusan Megawati
Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo, dan Teguh Prakosa. Ketiganya usai jalani fit and proper test di Kantor DPP PDIP Jakarta, Senin (10/2/2020). (Suara.com/Ria Rizki)

Salah satu panelis penguji yakni Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani.

Suara.com - Bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di kantor DPP PDI Perjuangan Jakarta, Senin (10/2/2020). Keputusan dari pengujian tersebut tergantung kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Para kandidat yang ikut fit and proper test itu ialah balon wali kota Gibran Rakabuming Raka dan pasangan balon wali kota dan wakil wali kota Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa. Fit and proper test berjalan selama dua jam.

Salah satu panelis penguji yakni Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani mengatakan bahwa fit and proper test yang dijalani serupa dengan tes yang pernah dilakukan seperti biasa. Mulai dari visi dan misi hingga komitmen yang dimiliki oleh para kandidat untuk Kota Solo.

"Ya ini kan mekanisme biasa dua calon dalam pilkada yang datang itu kemudian kami panggil ke DPP partai untuk ditanya terkait visi atau komitmennya," kata Puan di Kantor PDIP.

Puan menjelaskan, bahwa setelah fit and proper test tersebut, hasilnya pun akan diserahkan kepada Megawati. Sehingga keputusan menunjuk Gibran atau calon lain akan diambil Megawati selaku ketum partai berlambang banteng moncong putih.

Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo, dan Teguh Prakosa usai jalani fit and proper test di Kantor DPP PDIP Jakarta, Senin (10/2/2020). (Suara.com/Ria Rizki)
Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo, dan Teguh Prakosa usai jalani fit and proper test di Kantor DPP PDIP Jakarta, Senin (10/2/2020). (Suara.com/Ria Rizki)

"Nanti hasilnya yang diputus itu masukan secara berjenjang ke ketum dan diputus ke ketum melalui partai," ujarnya.

Lebih lanjut, Puan mengatakan hasil dari fit and proper test tersebut akan secepatnya keluar. Ia tidak menampik apabila kota Solo mesti memiliki waktu untuk memutuskan siapa yang akan direkomendasikan maju ke Pilwalkot Solo 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS