Evakuasi WNI dari Kapal World Dream ke Pulau Sebaru Dimulai Hari Ini

Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
Evakuasi WNI dari Kapal World Dream ke Pulau Sebaru Dimulai Hari Ini
Kapal pesiar World Dream berlayar usai serah terima awak asal Indonesia dengan kapal TNI-AL (Foto HO World Dream)

Perjalanan mereka dari perairan Bintan menuju Pulau Sebaru diperkirakan akan memakan waktu selama dua hari hingga Jumat (28/2/2020).

Suara.com - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono menjelaskan rangkaian evakuasi 188 WNI dari Kapal World Dream ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta yang dimulai Rabu (26/2/2020) ini.

Yudo memaparkan 188 WNI yang terdiri dari 16 perempuan dan 177 laki-laki itu tengah berada di perairan internasional di dekat Bintan, Kepulauan Riau.

WNI yang semuanya berprofesi sebagai Anak Buah Kapal itu akan dipindahkan dari kapal World Dream ke KRI dr Soeharso (990) yang menjemput mereka pada Rabu (26/2/2020) pukul 10.00 WIB.

"Rencananya rekan kita WNI dalam hal ini ABK World Dream akan melaksanakan transfer dari World Dream ke KRI SHS, yang rencananya nanti jam 10," Kata Yudo Margono di Kolinlamil, Jakarta Utara, Rabu (26/2/2020).

Sebelum masuk ke KRI dr Soeharso, seluruh WNI akan diperiksa kesehatan di atas kapal berjenis Bantu Rumah Sakit itu.

Setelah lolos uji kesehatan, mereka akan bertolak ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta, untuk diobservasi selama 14 hari.

"Kemudian akan dilaksanakan apa namanya tes darah kemungkinan dari Kemenkes. Setelah itu kurang lebih jam 13.00 atau jam 14.00 kapal SHS akan tolak menuju ke Sebaru," jelasnya.

Perjalanan mereka dari perairan Bintan menuju Pulau Sebaru diperkirakan akan memakan waktu selama dua hari hingga Jumat (28/2/2020).

"Sehingga harapannya kita hari jumat mereka sudah datang di Sebaru kurang lebih jam 16.00, nanti akan kita transfer ke darat. Kita laksanakan tindakan obserbasi seperti yang kemarin kita laksanakan di Lanud Raden Sajad di Ranai, Natuna," tegasnya.

Sementara, dari Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta Utara, Yudo telah melepas KRI Banda Aceh yang membawa 762 personel petugas gabungan dari Kemenkes, TNI-Polri, dan BNPB menuju Pulau Sebaru, Rabu (26/2/2020) pagi ini.

Mulai hari ini, mereka akan menyiapkan seluruh fasilitas untuk mengobservasi 188 WNI World Dream di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS