Kutip Hadis Nabi, Ustaz Abdul Somad Kemukakan soal Wabah Penyakit

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Kutip Hadis Nabi, Ustaz Abdul Somad Kemukakan soal Wabah Penyakit
Ustaz Abdul Somad. [Antara]

"Ia mendapat balasan seperti seorang yang mati syahid," kata UAS.

Suara.com - Pendakwah Ustaz Abdul Somad (UAS) mengemukakan soal wabah penyakit melalui unggahan di akun Instagram pribadinya.

UAS memberi nasihat dengan mengutip hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Dalam hadis tersebut diterangkan bahwa Aisyah RA bertanya kepada Rasulullah SAE mengenai wabah penyakit.

Rasulullah lalu menjelaskan bahwa wabah penyakit merupakan azab yang dikirimkan Allah kepada orang-orang yang dikehendaki. Allah menjadikannya sebagai rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Jika terjadi suatu wabah penyakit, ada orang yang menetap di negerinya, ia bersabar, hanya berharap balasan dari Allah. Ia yaqin bahwa tidak ada peristiwa yang terjadi kecuali sudah ditetapkan Allah. Maka ia mendapat balasan seperti mati syahid.

Lebih lanjut, UAS lewat narasi unggahannya lantas menyampaikan makna yang bisa diambil dari hadis Nabi tersebut.

Ia menerangkan bahwa menurut Imam Muhammad Abduh, wabah penyakit yang tergolong azab Allah kepada kaum yang dikehendaki yakni wabah campak yang melanda pasukan Abraham.

Terkait wabah tersebut, UAS pun mengatakan sebagai orang beriman mestinya bersikap positif atas ujian yang diberikan Allah.

"Orang beriman menyikapinya dengan: tetap ikhtiyar, langkah antisipiasi, mencari obat, bersabar, mengharap balasan dari Allah dan yakin bahwa tidak ada sesuatu pun yang terjadi di luar kuasa dan taqdir Allah," tulis UAS, seperti dikutip Suara.com, Selasa (5/3/2020).

Bila orang beriman bisa mengamalkan sikap-sikap tersebut, kata UAS, wabah penyakit menjadi rahmat bagi mereka.

"Ia mendapat balasan seperti seorang yang mati syahid," imbuhnya.

Kontan saja, unggahan UAS soal wabah penyakit menuai perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka yang mengucapkan terima kasih atas pelajaran yang diberikan.

Unggahan UAS soal wabah penyakit. (Instagram/@ustadzabdulsomad)
Unggahan UAS soal wabah penyakit. (Instagram/@ustadzabdulsomad)

Klarifikasi Ustaz Abdul Somad soal Ceramah Virus Corona Tentara Allah

Ustaz Abdul Somad (UAS) memberikan penjelasan terkait ceramahnya yang menyebut virus Corona atau COVID-19 sebagai tentara Allah.

Seperti dikutip dari Makassar.terkini.id--jaringan Suara.com--, Senin (2/3/2020), UAS mengatakan, ketika dulu saat datang tentara Abrahah mau menghancurkan Kakbah, maka ‘Wa arsala ‘alaihim thoiron ababil’ (Kami kirimkan kepada mereka thoiron ababil).

“Tafsirnya menurut Syekh Muhammad Abduh, thoiron ababil itu wabah penyakit campak. Jadi bukan burung dari atas, itu tafsir,” terang UAS kepada awak media di sela-sela acara Islamic Blok Fair di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 1 Maret 2020.

Menurut dia, dalam suatu tafsir, disebutkan jika wabah yang dimaksud tersebut merupakan tentara Allah.

“Wabah penyakit itu salah satu tentara Allah untuk menolong hamba Allah,” jelasnya.

UAS mengatakan bahwa virus Corona atau COVID-19 merupakan salah satu tafsir saja. Namun, menurut dia, adalah salah jika menilai bahwa tafsir itu adalah satu-satunya hal yang benar.

“Yang mengatakan itu adalah tentara Allah mengaitkan dengan penyiksaan yang terjadi pada muslim Uighur. Jadi salah satu interpretasi. Bahwa itu satu-satunya interpretasi tidak benar. Salah satu interpretasi. Mesti dipahami demikian,” ungkap UAS.

“Salah satu interpretasi adalah thoiron ababil itu wabah penyakit, penyakit apa? Penyakit campak sehingga pasukan Abrahah itu mati,” sambungnya.

Interpretasi yang salah tersebut, kata UAS, yakni ketika mengatakan itulah satu-satunya interpretasi.

“Sahabat-sahabat sekalian sebagai penyampai berita harus menyampaikan itu secara utuh. Kalau tidak dia akan menjadi fitnah,” ujarnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS