Masjid di Depok Persingkat Jumatan, Jemaah Wajib Jaga Jarak Saf Salat

Agung Sandy Lesmana | Novian Ardiansyah
Masjid di Depok Persingkat Jumatan, Jemaah Wajib Jaga Jarak Saf Salat
Masjid Al Huda di Depok tetap laksanakan salat Jumat di tengah wabah Corona. (Suara.com/Novian).

"Menjaga jarak dalam saf yang biasanya. Walaupun tidak terlalu jauh yang penting ada batasan..."

Suara.com - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Masjid Al Huda, Jalan Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat memilih tetap melaksanakan ibadah salat Jumat pada hari ini.

Ketua DKM Masjid Al Huda Ustaz Ahmad Mubarok mengatakan keputusan tetap melaksanakan salat Jumat diambil atas pertimbangan.

Meski ia berujar telah mendapat kabar imbauan Wali Kota Depok Muhammad Idris terkait ibadah salat di rumah sebagai langkah antisipasi sebaran virus corona Covid-19.

"Termasuk hari ini ada imbauan, pagi hari dari Pemkot Depok untuk tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang termausk di dalamnya salat Jumat. Namun atas beberapa pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak maka Masjid Al Huda tetap melaksanakan salat Jumat," kata Ahmad, Jumat (20/3/2020).

Penampakan Masjid Al Huda di Depok tetap laksanakan salat Jumat di tengah wabah Corona. (Suara.com/Novian).
Penampakan Masjid Al Huda di Depok tetap laksanakan salat Jumat di tengah wabah Corona. (Suara.com/Novian).

Kendati tetap melaksanakan salat Jumat, Ahmad selaku Ketua DKM telah membuat langkah pencegahan dengan menyiagakan hand sanitizer yang dipegang petugas di setiap pintu masuk Masjid. Nantinya petugas mewajibkan jamaah agar menggunakan hand sanitizer tersebut selepas mengambil wudhu.

Ia juga mengimbau kepada para jamaah melalui pengeras suara Masjid untuk tetap berhati-hati.

"Tetap waspada. Bagi jamaah yang masuk tidak luput dari hand sanitizer yang disiapkan oleh petugas, menjaga agar tidak membawa kuman dari tangannya," ujar Ahmad kepada jemaah, sebelum memulai ibadah salat Jumat.

Penampakan Masjid Al Huda di Depok tetap laksanakan salat Jumat di tengah wabah Corona. (Suara.com/Novian).
Penampakan Masjid Al Huda di Depok tetap laksanakan salat Jumat di tengah wabah Corona. (Suara.com/Novian).

Dalam imbauannya, Ahmad juga meminta kepada jemaah agar dapat menjaga jarak saf saat salat. Meski tidak dipatok seberapa jarak yang harus dijaga antara jamaah satu dengan jamaah lainnya.

"Menjaga jarak dalam saf yang biasanya. Walaupun tidak terlalu jauh yang penting ada batasan. (Di tempat lain) ada yang semeter, tapi kami tidak sejauh itu supaya tidak terjadi kontak langsung. Tidak bermaksud suudzon atau tapi waspada tetap," kata Ahmad.

Selain mengimbau menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak saf salat, Ahmad juga menyarankan kepada jemaah yang tengah sakit untuk menunaikan salat Zuhur di rumah sebagai pengganti salat Jumat.

"Bagi yang sakit dianjurkan tetap salat atau salat Juhur di rumah agar sakitnya ini tidak menular bagi yan lain," ujarnya.

Terkait merebaknya wabah Corona, pelaksanaan ibadah salat Jumat di Masjid Al Huda dilaksanakan lebih cepat dari biasanya. Waktu kotbah dan salat dipersingkat kurang lebih menjadi sekitar 10 sampai 15 menit, mulai dari khotbah hingga pelaksanaan salat.

Sementara itu, Sobari, seorang jamaah yang salat Jumat di Masjid Al Huda mengungkapkan dirinya sempat kesukitan mencari Masjid. Ia yang sebelumnya berada di sekitar RS Hermina, Jalan Siliwangi, Depok, terpaksa harus mengenderai motor sekitar 1,5 km untuk sampai ke Masjid Al Huda.

"Iya tadi sempat kesulitan karena masjid pada tutup. Saya naik motor cari-cari, di sini ada Jumatannya," ujar Sobari.

Sobari sendiri merupakan warga Bojong Gede. Ia mengaku sedang mengikuti pelatihan di Depok dan tetap memilih untuk melaksanakan salat Jumat meski ada imbauan boleh salat di rumah.

"Iya semuanya kita serahkan sama Allah. Yang penting kita sudah ikhtiar, jaga kesehatan juga," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS