Lagi dan Lagi, DPRD DKI Tunda Pemilihan Wagub Jumat Besok

Pebriansyah Ariefana | Fakhri Fuadi Muflih
Lagi dan Lagi, DPRD DKI Tunda Pemilihan Wagub Jumat Besok
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. (ANTARA/Ricky Prayoga)

Rapat paripurna penentuan pengisi kursi DKI 2 ini sempat direncanakan akan digelar, Jumat (27/3/2020) besok.

Suara.com - DPRD DKI Jakarta kembali memutuskan untuk menunda pemilihan Wakil Gubernur (Wagub). Padahal, rapat paripurna penentuan pengisi kursi DKI 2 ini sempat direncanakan akan digelar, Jumat (27/3/2020) besok.

Ketua Panifia Pemilihanil (Panlih) Wagub DKI Jakarta Farazandi Fidinansyah mengatakan penundaan ini diputuskan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD. Anggota Bamus, kata Farazandi, mempertimbangkan soal penyebaran virus corona atau Covid-19 yang semakin ganas.

"Mempertimbangkan kondisi terkini, menyepakati jadwal pemilihan Wagub akan diselenggarakan tanggal 6 April," ucap Ketua Panlih wagub DKI Jakarta Farazandi Fidinansyah saat dikonfirmasi, Kamis (26/3/2020).

Tanggal 6 April dipilih karena seruan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tetap berada di rumah sudah berakhir. Ia berharap kondisi saat itu sudah lebih kondusif sehingga pemilihan bisa digelar lancar.

"Tepat edaran dari Gubernur selesai, edarannya (selesai) tanggal 5 (April) Disepakati langsung tanggal 6 itu kita selenggarakan paripurna Wagub," tuturnya.

Meski sudah menentukan jadwalnya, nantinya dalam pelaksanaan pemilihan ada syarat tertentu yang harus dipenuhi setelah berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI. Rapat tersebut nantinya hanya boleh digelar dalam waktu dua jam.

"Tambahan dari protokol peningkatan pencegahan covid-19 yang sudah keluar. Tambahannya lama maksimal paripurna dua jam. Jadi kami harus sederhanakan kembali rangkaian tersebut yang awalnya berjam jam maksimal 2 jam," jelasnya.

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta memutuskan untuk menggelar pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) meski di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19. Padahal, dewan Kebon Sirih ini sempat menunda jadwal pemilihan karena corona pekan lalu. Wakil Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Basri Baco memastikan penentuan pengganti Sandiaga Uno akan dilangsungkan pukul 13.00 WIB.

"Jumat besok pemilihan (wagub DKI Jakarta) pukul 13.00 WIB," kata Wakil Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub, Basri Basco saat dikonfirmasi, Selasa (24/3/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS