Raja Salman Diisolasi, 150 Anggota Kerajaan Saudi Diduga Terkena Covid-19

Dany Garjito | Rifan Aditya
Raja Salman Diisolasi, 150 Anggota Kerajaan Saudi Diduga Terkena Covid-19
Raja Salman didampingi putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman. [AFP]

Raja Arab Saudi sedang berada dalam isolasi untuk mencegah penularan Covid-19.

Suara.com - Hampir 150 anggota keluarga kerajaan Arab Saudi dilaporkan terinfeksi virus corona atau Covid-19. Raja Salman dan kerabatnya sedang diisolasi.

Disadur dari New York Post, Kamis (9/4/2020), Raja Arab Saudi Salman, 84 tahun, sedang berada dalam isolasi untuk mencegah penularan Covid-19. Ia mengisolasi diri di dekat kota Jeddah.

Sementara putranya, Pangeran Mahkota Mohammad bin Salman, 34 tahun, dikarantina di dekat Laut Merah. Ia ditempatkan di sebuah tempat bersama para menterinya.

Keponakan Raja, Pangeran Faisal bin Bandar bin Abdulaziz Al Saud telah dipastikan akan dirawat intensif setelah tertular virus tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh dokter dan orang-orang dekat keluarga bahwa pangeran berusia 70 tahun yang menjabat sebagai Gubernur Riyadh itu terkena Covid-19.

Menurut New York Times, para pangeran Saudi diyakini telah terinfeksi virus saat bepergian ke Eropa. Dikatakan bahwa bencana pandemi Covid-19 ini kemungkinan memainkan peran dalam keputusan Arab Saudi untuk mengumumkan gencatan senjata di Yaman.

Rumah Sakit Spesialis Raja Faisal yang elit telah menyiapkan sekitar 500 tempat tidur.

Fasilitas ini disediakan untuk para bangsawan dan orang-orang yang dekat dengan keluarga kerajaan Arab Saudi, berdasarkan sebuah memo yang dikutip oleh surat kabar tersebut.

"Arahannya harus siap untuk VIP dari seluruh negeri," tulis operator rumah sakit.

Ia menambahkan bahwa anggota staf yang sakit sekarang akan dirawat di rumah sakit yang kurang elit agar memberikan ruang bagi para bangsawan.

Pakar keluarga kerajaan Saudi dari Rice University, Kristian Coates Ulrichsen mengatakan, "Jika (Covid-19) mencapai ke dalam keluarga, maka itu menjadi masalah yang mendesak".

Untuk diketahui, sebanyak 41 kematian akibat virus corona telah terjadi di Arab Saudi, menurut situs Universitas Johns Hopkins.

Terdapat 2.795 kasus Covid-19 telah dilaporkan di negara itu pada hari Kamis, 9 April 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS