alexametrics

Jelang PSBB Tiga Daerah, Polda Jatim Petakan Stimulan Ekonomi Warga

Chandra Iswinarno
Jelang PSBB Tiga Daerah, Polda Jatim Petakan Stimulan Ekonomi Warga
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. [Suara.com/Achmad Ali]

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan menambahkan pihaknya juga membahas kesiapan personel dalam pendistribusian makanan untum masyarakat yang membutuhkan.

Suara.com - Jelang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik yang mulai dilakukan besok (28/4/2020), Kepolisian Daerah Jawa Timur menggelar tactical floor game (TFG) untuk memetakan kesiapan pengamanan dan personel.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyampaikan, ada tiga poin penting yang dipetakan bersama dalam penerapan PSBB. Yakni, kepatuhan masyarakat semakin tinggi, angka penyebaran Corona bisa ditekan dan stimulan ekonomi tetap berjalan.

"Baru saja kami di sini Pak Pangdam, Pak Sekda yang mewakili Ibu Gubernur dan para Kapolres yang melaksanakan PSBB. Kami melakukan tactical floor game, melihat bagaimana kesiapan tiga wilayah ini untuk melaksanakan PSBB. Terutama membahas kepatuhan masyarakat semakin tinggi, angka penyebaran Corona bisa ditekan, stimulan ekonomi tetap berjalan," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan di Surabaya, Senin (27/4/2020).

Tactical floor game, jelas Luki, merupakan pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai.

Baca Juga: PSBB Surabaya Berlaku Besok, Berikut Aktivitas yang Dilarang dan Dibolehkan

"Ini tujuannya supaya pelaksanaan PSBB besok betul-betul sudah siap segala sesuatunya, peralatan, tempat di mana anggota dan kekuatannya," ujar Luki.

Tak hanya kesiapan personel, dalam TFG ini juga membahas terkait kesiapan dapur umum. Luki menambahkan pihaknya juga membahas kesiapan personel dalam pendistribusian makanan untum masyarakat yang membutuhkan.

"Dapur umumnya ini sudah disiapkan semuanya. Termasuk personel, termasuk pendistribusian sembilan bahan pokok (sembako), untuk makanan di sini sudah kami siapkan semuanya," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Luki berharap PSBB di Surabaya Raya berjalan efektif. Dia ingin Covid-19 di Jatim bisa teratasi dan perekonomian masyarakat bisa kembali seperti sedia kembali.

"Ada tiga (tujuan) tadi dalam PSBB, kepatuhan masyarakat semakin tinggi, angka penyebaran corona bisa ditekan, stimulan ekonomi tetap berjalan," ucapnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Godok Aturan Jam Malam Saat Pemberlakuan PSBB

Kontributor : Achmad Ali

Komentar