alexametrics

Cara Mencuci Masker Kain Bebas Corona, Jangan Sampai Salah!

Dany Garjito | Chyntia Sami Bhayangkara
Cara Mencuci Masker Kain Bebas Corona, Jangan Sampai Salah!
Ilustrasi masker kain [Suara.com/Angga Budhiyanto]

SImak cara membersihkan masker kain yang benar agar terbebas dari virus corona.

Suara.com - Setiap orang diwajibkan memakai masker kain jika bepergian ke luar rumah selama pandemi virus corona. Masker kain yang digunakan harus diganti setiap hari dan dilakukan cara membersihkan masker kain yang benar.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo melalui akun Twitter miliknya membagikan cara membersihkan masker kain agar terbebas dari virus corona.

Untuk membersihkan masker kain agar maksimal, masker perlu direndam di air panas. Suhu air panas untuk merendam masker kain berada dikisaran 50 hingga 65 derajat celcius.

"Siapkan air bila mungkin air panas dengan suhu 50 hingga 65 derajat celsius," demikian tulisan dalam selebaran yang dibagikan oleh Agus Wibowo seperti dikutip Suara.com, Kamis (30/4/2020).

Baca Juga: Wajib Punya Rp15 Juta, Nasib Janda Sebatang Kara Gagal Dapat Bantuan RTLH

Tambahkan deterjen secukupnya dan rendam masker kain dalam larutan air panas dan deterjen tersebut selama beberapa saat. Setelah itu, kucek masker hingga kotoran luruh.

Setelah seluruh kotoran hilang, masker kain dapat dibilas dengan menggunakan air mengalir. Terus bilas masker hingga busa dari deterjen menghilang.

Selanjutnya, keringkan masker kain di langsung di bawah sinar matahari atau menggunakan alat pengering panas. Sehingga, masker kain dapat kering dengan maksimal.

"Setrika dengan suhu sesuai bahan kain untuk merapikannya," ungkapnya.

Mengutip dari laman daring Covid19.go.id, pastikan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum mengenakan masker. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau gunakan cairan hand sanitizer minimal mengandung alkohol 60 persen.

Baca Juga: Sertifikat Kursus Online Ruangguru di Kartu Prakerja Ini Dicibir Warganet

Hindari menyentuh masker saat digunakan. Bila permukaan masker tak sengaja tersentuh, segeralah mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Komentar