Minta Semua Warga Lebaran di Rumah, Anies: Jakarta Masih Episenter Covid-19

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Minta Semua Warga Lebaran di Rumah, Anies: Jakarta Masih Episenter Covid-19
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (19/5). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Anies mengatakan imbauan salat ied dan berlebaran di rumah sudah disampaikan MUI dan DMI.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar masyarakat tetap merayakan Hari Raya Idul Fitri di rumah masing-masing. Anies menyatakan tak ada perbedaan penerapan berdasarkan zona penularan corona.

Anies mengatakan, Jakarta, bahkan Jabodetabek, secara keseluruhan masih menjadi pusat penyebaran virus corona atau episentrum. Tidak ada kawasan yang merupakan zona hijau, merah, atau kuning.

"Jakarta, Jabodetabek masih episenter. Karena itu tidak ada wilayah di sini kuning hijau merah. semua kawasan satu kesatuan," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Menurutnya seruan untuk salat ied dan berlebaran di rumah sudah disampaikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Ia meminta masyarakat menaati anjuran ini.

"Mari taati seruan MUI DKI Jakarta dan DMI DKI, seruan ini relevan untuk Jakarta," jelasnya.

Ia meminta agar masyarakat tak hanya di rumah saat hari lebaran saja. Sebelum dan sesudahnya juga harus membatasi aktifitas agar virus corona tak kembali tinggi penularannya seperti beberapa bulan lalu.

"Tetaplah di rumah, menjelang lebaran, saat lebaran, dan hari hari setelah lebaran. Jangan longgarkan diri, supaya tidak kembali di (situasi) bulan Maret," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS