alexametrics

Turis Jepang Pungut Ribuan Puntung Rokok, Warga Lokal Malu

Reza Gunadha | Arief Apriadi
Turis Jepang Pungut Ribuan Puntung Rokok, Warga Lokal Malu
Pria Jepang bernama Nana mengumpulkan ribuan puntung rokok di Putrajaya, Malaysia. [Asiaone]

"Orang Malaysia harus mengubah pola pikir mereka dengan mengikuti apa yang dilakukan orang Jepang," kata warga Malaysia lewat Facebook.

Suara.com - Aksi pria Jepang yang memungut sekitar 4.500 puntung rokok di kawasan Putrajaya, Malaysia, mendapat beragam reaksi dari warga lokal.

Kebanyakan warga Malaysia merasa malu terhadap menganggap orang asing lebih peduli kebersihan.

Menyadur Asia One, pria Jepang itu bernama Nana. Dia mengunggah foto hasil 'perburuannya' memungut puntung rokok dalam waktu satu setengah jam di pusat bisnis Ayer@8 Putra Jaya, lewat Twitter pribadinya @NanaCyber2.

"Banyak puntung rokok yang berserakan" cuit pria Jepang itu disertai emoji menangis, sebagaimana dikutip dari Asia One, Sabtu (30/5/2020).

Baca Juga: Angka Kesembuhan Pasien Covid di Jerman Capai 82 Persen, Ini Kebijakannya

Dua hari sebelum mengunggah foto ribuan puntung rokok di Putrajaya, Nana turut mengunggah gambar gundukan sampah yang terdiri dari botol plastik, puntung rokok, dan sampah lainnya.

Berbagai sampah itu dia kumpulkan dengan kelompok pencinta lingkungan Trash Hero di dekat Cyber In's Gem Mal pada Februari 2020.

Melihat aksi mulia orang Jepang tersebut, warga Malaysia mengaku malu. Lewat media sosial mereka menyampaikan aspirasi dan kritik kepada sesama warga lokal.

"Sikap acuh tak acuh telah menghancurkan negara kita dan sekarang dalam perjalanan menuju kehancuran global," kata seorang pengguna Facebook.

Pengguna lain turut mengomentari dengan mengatakan warga Malaysia harus mencontoh sikap orang-orang Jepang terutama perihal menjaga kebersihan.

Baca Juga: Sekonyong-konyong Muncul, Benda ini Bikin Dua Pemotor Kecelakaan

"Orang Malaysia harus mengubah pola pikir mereka dengan mengikuti apa yang dilakukan orang Jepang."

Komentar