Dihadiri JK, Salat Jumat 'Masa Transisi' di Masjid Al Azhar Penuh Jemaah

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Dihadiri JK, Salat Jumat 'Masa Transisi' di Masjid Al Azhar Penuh Jemaah
Penampakan jemaah salat Jumat di Masjid Al Barkah Bekasi. (Suara.com/Arga).

Meski antara satu jemaah dan jamaah lainnya berjarak, namun tidak mencapai jarak satu meter.

Suara.com - Masjid Al Azhar kembali menggelar ibadah salat Jumat perdana saat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi menuju normal baru.

Masjid yang berlokasi di kawasan Kebayoran Baru tersebut hari ini dipadati oleh jemaah yang hendak menunaikan salat Jumat perdana di masa pendemi.

Pantauan Suara.com, suasana di dalam masjid sudah dipadati oleh jemaah. Meski antara satu jemaah dan jemaah lainnya berjarak, namun tidak mencapai jarak satu meter.

Sementara itu, suasana pelataran Masjid Al Azhar yang tak jauh dari tempat wudu juga terlihat dipenuhi jamaah. Meski ramai, para jemaah tetap menerapkan social distancing alias jaga jarak.

Penampakan jemaah salat Jumat di  Masjid Al Barkah Bekasi. (Suara.com/Arga).
Penampakan jemaah salat Jumat di Masjid Al Barkah Bekasi. (Suara.com/Arga).

Kemudian, para jamaah yang masuk dari pintu selatan masjid diperiksa terlebih dahulu. Petugas keamanan yang berjaga langsung mengecek suhu badan orang-orang yang masuk menggunakan alat thermo gun.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Muhammad Jusuf Kalla alias JK turut mengikuti salat Jumat di Masjid Agung Al Azhar. JK datang hadir sekitar pukul 11.30 WIB. Berdasarkan pengurus masjid, JK duduk di barisan paling depan jemaah salat Jumat.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, akan membuka rumah ibadah termasuk masjid-masjid pada masa transisi PSBB yang dimulai pada Jumat (5/6/2020). Salah satu masjid besar di Jakarta yakni Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, akan memulai rangkaian tersebut dengan menggelar salat Jumat berjemaah.

Sekretaris Masjid Agung Al Azhar Satrio mengatakan, sudah menyiapkan protokol kesehatan secara ketat. Salah satunya adalah, melakukan seleksi terhadap jemaah yang ingin melakukan salat Jumat perdana di masjid.

"Pertama tentu ada penyeleksian jemaah yang masuk, mulai dari pintu gerbang. Jadi tidak hanya di pintu masjid, tapi mulai dari pintu gerbang kompleks masjid sudah dicek suhu tubuhnya. Nanti akan ada pengecekan lagi di pintu masjid jadi dua kali, jadi doubel pengecekan," kata Satrio kepada Suara.com, Kamis (4/6/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS