alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Fadli Zon Sebut Anies Sebagai Duta Germo?

Reza Gunadha | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Fadli Zon Sebut Anies  Sebagai Duta Germo?
Cek fakta judul berita yang menyebut Fadli Zon mendaulat Anies duta germo. (Turnbackhoax.id)

Unggahan ini melampirkan foto tangkapan layar judul berita dari sebuah media online.

Suara.com - Sebuah unggahan yang tentang anggota DPR RI Fraksi Gerindra Fadli Zon menyebut Gubernur Anies Baswedan adalah duta germo beredar di sosial media.

Sebuah akun Facebook Catatan EMAS EdyMasran mengunggah sebuah foto tangkapan layar dari artikel berita media online dengan narasi sebagai berikut:

“TUKANG BO’ONG JADI DUTA GERMO?
Demi mewujudkan janji saat kampanye “Jakarta Bermaksiat”, @aniesbaswedan segera menyiapkan ‘New Normal’ untuk Diskotek dan Panti Pijat. Atas prestasi spektakuler membuka Diskotek dan Panti Pijat yang dipuja kaum kadrun kadal gurun ini, @fadlizon mendaulat Anies jadi Duta Germo.

Selamat bermuka badak semua pendahulunya Aniesmisme yang sok agamis dan penuh kemunafikan. Hari Dengki, Akal Dangkal, Nalar Buyar, Otak Somplak

Baca Juga: CFD Jakarta Akan Dibuka, Anies Minta Warga Olahraga Pakai Face Shield

@CatatanEMAS 12.06.2020”.

Cek fakta judul berita yang menyebut Fadli Zon mendaulat Anies duta germo. (Turnbackhoax.id)
Cek fakta judul berita yang menyebut Fadli Zon mendaulat Anies duta germo. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah Fadli Zon mendaulat Anies menjadi duta germo?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id --jaringan Suara.com yang menyadur dari Tim Cek Fakta Medcom, klaim yang menyebut bahwa Fadli Zon mendaulat Anies Baswedan menjadi duta germo adalah klaim yang salah.

Artikel dari media wartaekonomi.co.id yang berjudul asli "DKI Segera Buka Panti Pijat, Fadli Zon Bilang Anies Duta Germo?" yang sebenarnya merupakan tantangan dari warganet kepada Fadli Zon agar menyematkan julukan tersebut kepada Anies.

Baca Juga: Anies Disebut Gubernur Terbaik Tangani Corona, Ferdinand: Jangan Hoax

Adapun narasi dari artikel berita tersebut adalah sebagai berikut:

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar