Tambah 3, Total 5 Orang Reaktif Corona saat Rapid Test CFD Jakarta

Reza Gunadha | Fakhri Fuadi Muflih
Tambah 3, Total 5 Orang Reaktif Corona saat Rapid Test CFD Jakarta
Warga tak pakai masker di CFD Jakarta diminta sapu jalan. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

"Rapid test tadi yang ikut tes 600 orang, reaktif 5 orang," ujar Rusdiyanto kepada wartawan, Minggu (21/6/2020).

Suara.com - Jumlah orang yang dinyatakan reaktif terjangkit virus corona covid-19 setelah mengikuti kegiatan hari bebas kendaraan bermotor alias car free day atau CFD di DKI Jakarta, Minggu (21/6/2020), bertambah.

Hasil akhir dari gelaran rapid test atau tes cepat corona saat CFD itu menyatakan ada 5 orang yang reaktif virus corona.

Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Rusdiyanto mengatakan, total yang mengikuti rapid test ini berjumlah 600 orang peserta CFD pagi tadi. Pemeriksaan massal ini dilakukan secara gratis oleh Polda Metro Jaya.

"Rapid test tadi yang ikut tes 600 orang, reaktif 5 orang," ujar Rusdiyanto kepada wartawan, Minggu (21/6/2020).

Kelima orang itu disebutnya sudah menjalani tes swab di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Selanjutnya pihaknya masih menunggu hasilnya keluar.

"Sudah di swab dan pemeriksaan PCR Di RS Polri Sukanto," jelasnya.

Selama menunggu hasil, lima orang yang reaktif diminta mengisolasi diri di rumah. Hasil tes akan dikirimkan langsung kepada pasien nantinya dan akan ditangani langsung.

"Nanti hasilnya akan di telepon masing-masing dan ditangani sesuai hasilnya," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 350 orang mengikuti rapid test atau tes cepat saat digelarnya CFD. Dua orang didapati reaktif virus corona Covid-19.

Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Rusdiyanto mengatakan rapid test ini dilakukan secara gratis bagi para peserta CFD. Tes di lakukan di kawasan Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Rusdiyanto menjelaskan, karena tes masih berupa rapid test, maka pihaknya akan melakukan tes swab kepada orang yang reaktif. Pihaknya menemukan dua orang yang harus melakukan swab.

"Sebanyak 350 orang yang rapid test. Yang swab ada dua," ujar Rusdiyanto di lokasi, Minggu (21/6/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS