Pusat Perawatan Covid-19 India Siap Beroperasi, Diklaim Terbesar di Dunia

Dany Garjito | Hikmawan Muhamad Firdaus
Pusat Perawatan Covid-19 India Siap Beroperasi, Diklaim Terbesar di Dunia
Pusat fasilitas Covid-19 terbesar di India dengan 2.000 tempat tidur.[Twitter/@AamAadmiParty]

Pusat fasilitas Covid-19 Sardar Patel COVID Care Center menyediakan 2.000 tempat tidur.

Suara.com - India siap mengoperasikan pusat perawatan pasien Covid-19 dan diklaim terbesar di Asia, bahkan hingga mengalahkan pusat fasilitas di China.

Menyadur India Times, Minggu (12/7/2020), pusat fasilitas Covid-19 Sardar Patel COVID Care Center dan Rumah Sakit Radha Soami Satsang Beas, Chhatarpur memiliki 2.000 tempat tidur yang siap digunakan. Kedua tempat itu diklaim 10 kali lebih besar dari fasilitas Covid terbesar di China.

Pusat fasilitas tersebut kabarnya akan dilengkapi 10.000 tempat tidur dan berfungsi sebagai pusat isolasi untuk pasien virus corona dengan gejala ringan.

Sepuluh persen dari tempat tidur akan dilengkapi dengan oksigen jika pasien mengalami sesak napas parah dan memerlukan perawatan rumah sakit tersier.

Hakim Distrik Delhi Selatan, BM Mishra mengatakan bahwa 10 persen dari tempat tidur akan memiliki fasilitas oksigen dan tempat tidur tersebut terbuat dari kardus.

"Fasilitasnya canggih, suhunya dapat didinginkan secara artifisial sesuai pendapat para ahli medis. Kami menggunakan perangkat lunak e-hospital NIC dengan lebih dari 350 komputer dan lebih dari 100 tablet," buka BM Mishra dikutip dari India Times.

"Semua proses administrasi dan perawatan menggunakan perangkat elektronik dan staf perawat juga harus menggunakan tablet untuk mengisi pemeriksaan rutin dan laporan pasien." jelas Mishra kepada kantor berita PTI.

Sebagian besar tempat tidur, linen dan kasur disumbangkan oleh berbagai organisasi masyarakat sipil dan organisasi non-pemerintah. Polisi Perbatasan Indo-Tibet akan mengelola 2.000 tempat tidur ini dengan 170 dokter umum dan spesialis, dan lebih dari 700 perawat dan paramedis.

Pusat fasilitas tersebut akan ditingkatkan tergantung pada kebutuhan tempat tidur isolasi di Delhi.

Menurut data yang dirilis oleh kementerian kesehatan dan kesejahteraan keluarga India, jumlah total kasus virus corona di Delhi melonjak menjadi lebih dari 77.000.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS