Jemaah Tarekat Satariyah di Medan Peringati Idul Adha Hari Ini

RR Ukirsari Manggalani
Jemaah Tarekat Satariyah di Medan Peringati Idul Adha Hari Ini
Jamaah Tarekat Satariyah gelar Salat Id pada Sabtu (1/8/2020) di Medan [Suara.com/Muhlis].

Idul Adha bagi jamaah Tarekat Satariyah jatuh pada hari ini, ketetapan berdasarkan hasil penghitungan ilmuwan terpercaya.

Suara.com - Puluhan jamaah Tarekat Satariyah di Medan, Sumatera Utara, melaksanakan salat Id hari ini, Sabtu (1/8/2020). Keputusan perayaan ini berdasarkan hasil penghitungan ilmuwan yang dipercaya sejak dahulu.

Tokoh agama Tarekat Satariyah, Sofyan Suri mengatakan Idul Adha 1441 Hijriah diputuskan jatuh pada Sabtu, berdasarkan hasil perhitungan menggunakan ilmu yang diwarisi secara turun-temurun oleh para guru.

"Hari ini kami dari jamaah Tarekat Satariyah melaksanakan salat Id, berdasarkan penghitungan secara keilmuan yang sudah turun-temurun dilakukan," jelas Sofyan Suri, Sabtu (1/8/2020).

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan salat Idul Adha di wilayah Sumatera Utara dilaksanakan masing-masing majelis. Untuk Medan, salat Id digelar di Masjid Raya Syekh Burhanuddin yang terletak di Jalan Rawa Dua, Kecamatan Medan Area, Kota Medan.

"Penetapan Idul Adha kami pelajari langsung dari Syekh Burhanuddin Ulakan asal Sumatera Barat," ungkapnya.

Metode penetapan, lanjutnya, dengan menghitung kalender Islam, yang diawali penentuan satu Zulhijjah.  Selanjutnya, dihitung sepuluh hari kemudian untuk mendapatkan waktu tibanya hari raya Idul Adha.

Setelah menjalankan salat Id, jamaah Tarekat Satariyah juga melaksanakan pemotongan hewan kurban berupa dua ekor lembu yang dibagikan kepada masyarakat di sekitar masjid.

"Ilmu ini diwarisi dari Sayyidina Ali yang diterapkan oleh Tuan Guru Tarikat Satariyah yaitu Syekh Burhanuddin Ulakan," tutupnya.

Kontributor : Muhlis

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS