Jaksa Agung Jawab Kabar Video Call dengan Djoko Tjandra Lewat HP Pinangki

Dwi Bowo Raharjo | Novian Ardiansyah
Jaksa Agung Jawab Kabar Video Call dengan Djoko Tjandra Lewat HP Pinangki
Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Suara.com/Novian)

Burhanuddin menganggap tindakan membantu Djoko Tjandra bukan sebuah keputusan cerdas.

Suara.com - Jaksa Agung ST Burhanuddin menampik bahwa dirinya kenal dengan Djoko Tjandra. Ia juga mengklaim tidak pernah melakukan panggilan video dengan Djoko sebagaimana kabar yang beredar.

Hal itu ia sampaikan menjawab pertanyaan anggota Komisi III DPR Supriansa dalam rapat kerja di Komisi III.

Supriansa menanyakan apakah memang benar bahwa Burhanuddin sempat melakukan panggilan video dengan Djoko melalui ponsel milik Jaksa Pinangki.

"Kemudian apakah saya ada melakukan vcall dengan Djoko Tjandra? Kami sama sekali tidak mengenal yang namanya Djoko Tjandra. Saya tidak pernah komunikasi dengan Djoko Tjandra dan saya tidak pernah untuk memerintahkan Pinangki untuk menangani Djoko Tjandra," kata Burhanuddin, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: Inisial BR di Action Plan Pinangki, Jampidsus: Itu Pak Jaksa Agung Saya

Burhanuddin menganggap tindakan membantu Djoko Tjandra bukan sebuah keputusan cerdas. Karena itu ia justru menganggap ada jaksa yang bodoh apabila mengeluarkan pernyataan kasus Djoko bisa dilakukan peninjauan kembali.

"Adalah suatu hal yang bodoh apabila kami melakukan itu. Karena perkara ini tinggal eksekusi. Tidak ada lagi upaya-upaya lain, upaya hukum lain tidak ada. Ini hanya tinggal eksekusi. Kalau ada yang menyatakan 'ini bisa PK', alangkah jaksanya yang bodoh. Ini pelaksana tinggal dilaksanakan, udah ada putusan. Enggak ada alasan lagi jaksa untuk melakukan PK," kata Burhanuddin.

Ia kemudian kembali menjawab pertanyaan Supriansa selanjutnya mengenai sosok Irfan Jaya.

Supriansa menanyakan bagaimana kemudian Irfan mengenal Burhanuddin.

"Kemudian apa benar saya mengenal Irfan Jaya? Kalau Irfan Jaya, pada waktu saya jadi Kajati Sulawesi Selatan, dia sebagai orang LSM, pernah ketemu saya dan sejak itu, saya tidak pernah lagi berhubungan dengan yang bersangkutan," tutur Burhanuddin.

Baca Juga: Tak Diborgol saat Tiba di Kejagung, Djoko Tjandra: Mau Jalan-jalan

"Itu, saya waktu itu sedang melakukan pengumpulan teman-teman LSM untuk kita diajak bicara bagaimana penyelesaian-penyelesaian perkara yang ada di Sulsel dan saya sama sekali dengan Irfan Jaya, hanya kenal sebatas itu," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS