Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Cek Fakta: Benarkah Jokowi Berjoget saat Rakyat Berdemo?

Rifan Aditya | Hernawan
Cek Fakta: Benarkah Jokowi Berjoget saat Rakyat Berdemo?
Cek Fakta Video Presiden Jokowi Menari saat Rakyat Sedang Berdemo (Turnbackhoax.id).

Beredar hoaks video Presiden Jokowi dengan narasi bahwa ia malah berjoget saat ada aksi unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja.

Suara.com - Beredar klaim di media sosial yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi malah asyik menari saat terjadi aksi unjuk rasa di berbagai kota.

Klaim tersebut dibagikan oleh akun Facebook Fans Pak Gatot Nurmantyo pada Kamis (9/10/2020). Dalam unggahan tersebut, terdapat sebuah video yang merekam Presiden Jokowi bersama Ibu Nehara tengah menari dalam sebuah acara.

Tidak hanya itu, unggahan tersebut pun diserai dengan keterangan yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi tengah menari ketika rakyat berdemo menolak UU Cipta Kerja.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

Baca Juga: Demo Tolak UU Cipta Kerja, Sisil eks JKT48 Memar Kena Pukul

"RAKYAT DEMO DI JAKARTA,
EH...!
MALAH BAPAK PRESIDEN LAGI BERJOGET."

Cek Fakta Video Presiden Jokowi Menari saat Rakyat Sedang Berdemo (Turnbackhoax.id).
Cek Fakta Video Presiden Jokowi Menari saat Rakyat Sedang Berdemo (Turnbackhoax.id).

Lantas benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- Jaringan Suara.com, klaim atas video dan narasi yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi menari saat ada aksi unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja tersebut adalah klaim yang salah.

Faktanya, video tersebut diambil saat Presiden Jokowi dan Ibu Negara Ariana sedang menghadiri acara penutupan pelantikan akbar guru PAUD yang diselenggarakan pada tanggal 21 September 2017.

Baca Juga: Serupa Anies Baswedan, Bupati Tangerang Surati Presiden Terkait UU Ciptaker

Video asli dari acara tersebut diunggah oleh kanal YouTube detikcom yang menunjukkan Presiden Jokowi sedang menari lagu "Maumere" bersama dengan Ibu Negara Ariana serta tamu undangan lainnya.

Kabar serupa juga pernah dimuat dalam situs Jawa Pos dengan judul artikel "Edit Video Presiden Jokowi Jadi Joget Jaran Goyang" dan mengategorikannya sebagai berita hoaks.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim atas video yang mengatakan Jokowi asyik menari saat ada aksi unjuk rasa tersebut salah.

Unggahan itu masuk dalam kategori Konten yang Salah.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS