alexametrics

Doni Monardo: Covid-19 di Indonesia Sudah Terkendali

Liberty Jemadu | Stephanus Aranditio
Doni Monardo: Covid-19 di Indonesia Sudah Terkendali
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Munardo bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat melakukan pertemuan membahas keberlangsungan kompetisi musim 2020 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Rabu (22/7/2020). (dok. PSSI).

Angka kesembuhan Covid-19 di Indonesia naik signifikan.

Suara.com - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengklaim pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, acuannya persentase kasus aktif dan kesembuhan berada di atas angka rata-rata dunia.

Doni memaparkan per 20 September-20 Oktober terjadi penurunan sebesar 6,70 persen dari bulan sebelumnya, menurutnya ini hal yang luar biasa.

"Kasus aktif pada periode 20 September - 20 Oktober sekarang itu mengalami penurunan yang luar biasa, sekitar 6,79 persen penurunan kasus aktif, sementara di tingkat global kasus aktifnya bukannya malah menurun tapi meningkat," kata Doni dalam konferensi pers dari Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (21/10/2020).

Lalu acuan kedua untuk mengklaim pandemi sudah terkendali adalah angka kesembuhan juga dianggap sudah naik signifikan.

Baca Juga: Ketua Satgas Covid-19 Minta Warga Tetap di Rumah Saat Libur Panjang

"Angka kesembuhan dari posisi tanggal 20 September berada pada angka 72,5 persen, lalu tanggal 20 Oktober pada angka 79,63 persen, jadi ada peningkatan 7 persen lebih yang sembuh," ucapnya.

Doni mengapresiasi para dokter dan tenaga medis yang berhasil meningkatkan angka kesembuhan ini dan kasus aktif sehingga pandemi bisa terkendali.

Dia berharap kondisi ini tetap terjaga, masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan 3M 3M; Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan, serta diam di rumah saat ibur panjang peringatan hari besar Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 28 Oktober - 1 November 2020.

"Oleh karenanya cuti kali ini jangan sampai menimbulkan masalah baru, bapak presiden wanti-wanti benar, mengingatkan beliau sangat khawatir apabila libur panjang ini tidak disiapkan dengan baik maka kasus penambahan positif covid itu kemungkinan besar pasti akan meningkat," imbuh Doni.

Kasus Covid-19 di Indonesia, hingga pekan ini, tercapat sudah berjumlah 373.109. Dari jumlah ini, 62.743 di antaranya dirawat, 297.509 sembuh, dan 12.857 jiwa meninggal dunia. 9A

Baca Juga: Angka Infeksi Indonesia Tinggi, Jubir Covid-19 Sebut Berkat Tracing Masif

Komentar