Viral Foto Komodo Hadang Truk Proyek 'Jurassic Park': Save Komodo!

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Viral Foto Komodo Hadang Truk Proyek 'Jurassic Park': Save Komodo!
Sebuah truk pembawa material dihadang oleh seekor komodo di Loh Buaya, Pulau Rinca. Antara/HO

Publik beramai-ramai menyerukan tagar tersebut dan mendesak pembangunan Jurassic Park di Taman Nasional Pulau Komodo dihentikan.

Suara.com - Media sosial diramaikan dengan munculnya tagar #SaveKomodo. Publik beramai-ramai menyerukan tagar tersebut dan mendesak pembangunan Jurassic Park di Taman Nasional Pulau Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dihentikan karena mengancam habitat komodo.

Dari pantauan Suara.com, Senin (26/10/2020), tagar #SaveKomodo masuk dalam daftar trending topic di Twitter. Setidaknya ada ribuan cuitan menggunakan tagar tersebut memenuhi linimasa Twitter.

Publik khawatir pembangunan Jurassic Park dapat merusak ekosistem komodo. hewan purba yang hanya bisa ditemui di Pulau Komodo.

Belum lama ini beredar foto seekor komodo berada di hadapan truk besar. Foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @kawanbaikkomodo.

Baca Juga: Imbas Foto Komodo Adang Truk Proyek, Pulau Rinca Ditutup hingga 2021

Tagar #SaveKomodo trending topic di Twitter
Tagar #SaveKomodo trending topic di Twitter

"Sedih! Komodo berhadap-hadapan dengan truk proyek bangunan wisata Jurassic di Pulau Rinca," tulisnya.

"Untuk pertama kalinya komodo ini mendengar deru mesin-mesin mobil dan menghirup bau asapnya. Akan seperti apa dampak proyek ini kedepannya? Masih adakah yang peduli dengan konservasi?" lanjutnya.

Truk bermuatan bahan bangunan proyek tersebut tampak terhenti dengan adanya seekor komodo berukuran besar yang mengadang mereka.

Foto tersebut sontak viral di media sosial dan memantik kemarahan publik.

Usai foto tersebut viral, muncul surat pengumuman yang ditandatangani oleh Kepala Balai Taman Nasional Komodo dan dikeluarkan pada 25 Oktober 2020.

Baca Juga: Pesan Foto Komodo Hadang Truk: Tak Nyaman Model Pembangunan Jurassic Park

Surat tersebut berisi pengumuman penutupan sementara resort Loh Buata, SPTN Wilayah I Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo mulai 26 Oktober 2020 hingga 30 Juni 2021.

Komentar