alexametrics

Bacaan Latin Sholawat Nabi Muhammad, Dapat Dibaca saat Maulid Nabi

Rifan Aditya
Bacaan Latin Sholawat Nabi Muhammad, Dapat Dibaca saat Maulid Nabi
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

Berikut ini bacaan latin sholawat Nabi Muhammad yang dapat kalian amalkan.

Suara.com - Khusus untuk umat Islam, bacaan sholawat Nabi Muhammad merupakan bacaan yang dianjurkan untuk diamalkan setiap saat. Berikut ini bacaan latin sholawat Nabi Muhammad yang dapat kalian amalkan saat momen Maulid Nabi.

Umumnya, bacaan sholawat Nabi yang dikenal secara luas ialah "Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad", yang artinya "Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad".

Diriwayatkan oleh beberapa ulama bahwa bacaan Sholawat Nabi ada beberapa macam. Maknanya sama, yaitu pujian dan doa kepada Allah, Nabi Muhammad SAW, beserta kepada keluarga dan sahabatnya.

Untuk mengamalkannya, kita perlu mengenalinya lebih dulu, berikut bacaan latin sholawat Nabi Muhammad agar lebih mudah dipelajari.

Baca Juga: Peringati Maulid Nabi, Ini Amalan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW

1. Bacaan Latin Sholawat Fatih

Bacaan latin sholawat fatih ialah sebagai berikut:

“Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.”

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”

Bacaan ini bisa diamalkan setiap setelah shalat.

Baca Juga: Libur Panjang di Tengah Pandemi Covid-19, Jalur Puncak Macet Parah

2. Sholawat Nariyah

Komentar