facebook

Sejumlah Fakta Gempa Turki, Sejarah hingga Kesamaan dengan Indonesia

Rifan Aditya
Sejumlah Fakta Gempa Turki, Sejarah hingga Kesamaan dengan Indonesia
Sejumlah orag berjalan dekat sebuah gedung yang runtuh di Izmir akibat gempa Turki pada Jumat (30/10/2020). [AFP/Demiroren News Agency]

Berikut beberapa fakta gempa Turki yang dirangkum Suara.com dari BMKG.

Suara.com - Pagi ini, 31 Oktober 2020, dunia dikejutkan oleh gempa yang terjadi di Turki. Kabar bencana gempa Turki ini pun langsung diberitakan secara masif di seluruh dunia. Berikut beberapa fakta gempa Turki yang dirangkum Suara.com dari BMKG.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan sejumlah fakta gempa Turki sebagai berikut.

Kekuatan Gempa

Gempa Turki yang terjadi pada Jumat 30 Oktober 2020 itu berkekuatan 7,0 Magnitudo. Gempa mengguncang Provinsi Izmir, Turki. Tepatnya berada pada jarak 17 kilometer di pesisir barat Turki.

Baca Juga: Ini Pemicu Gempa Dahsyat dan Tsunami Tewaskan 19 Orang di Turki Versi BMKG

Pusat Gempa

Pusat gempa terdeteksi berada di Laut Aegean. Guncangan gempa terasa sampai ibu kota Athena, Yunani, dan salah satu kota terbesar Turki, Istanbul.

Waktu Gempa

Gempa di Turki terjadi siang hari Pukul 13.51 waktu setempat. Guncangan gempa tak hanya dapat dirasakan di Turki, tapi juga meluas sampai ke Bulgaria, Yunani, dan Makedonia Utara.

Gempa Turki (antara)
Gempa Turki (antara)

Korban Gempa Turki

Baca Juga: Kondisi WNI Pasca Turki Dihantam Gempa dan Tsunami

Sampai berita ini diterbitkan, korban gempa Turki setidaknya ada 20 orang yang telah teridentifikasi meninggal dunia. Ada kemungkinan korban masih akan bertambah mengingat ada beberapa bangunan yang runtuh.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar