alexametrics

Daftar Koruptor yang Ditangkap Novel Baswedan

Rifan Aditya
Daftar Koruptor yang Ditangkap Novel Baswedan
Penyidik KPK Novel Baswedan berada didepan rumahnya usai rekonstruksi kasus penyiraman air keras terhadap dirinya di Jalan Deposito, Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (7/2).[ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto]

Sebelum ikut tangkap Menteri KKP Edhy Prabowo, Novel Baswedan telah menangkap sejumlah koruptor kelas kakap. Siapa saja koruptor yang ditangkap Novel Baswedan?

Suara.com - Sebelum ikut tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Rabu (25/11/2020), penyidik senior Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Novel Baswedan telah menangkap sejumlah koruptor kelas kakap. Siapa saja koruptor yang ditangkap Novel Baswedan?

Nama Novel Baswedan terus menjadi sorotan publik terutama karena kasus penyiraman air keras yang menimpanya di tengah-tengah penyelidikan kasus korupsi terjadi. Aksi penyiraman yang terjadi pada 11 April 2017 ini disebut-sebut berkaitan dengan kasus-kasus korupsi yang ditangani oleh Novel Baswedan termasuk kasus korupsi high profile.

Menilik prestasi Novel Baswedan selama menjadi penyidik KPK, berikut daftar koruptor yang ditangkap Novel Baswedan.

1. Muhammad Nazaruddin

Baca Juga: Novel Baswedan Ikut dalam Penangkapan Menteri Edhy Prabowo

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin resmi bebas penjara. (Suara.com/Emi)
Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin resmi bebas penjara. (Suara.com/Emi)

Nama Novel Baswedan langsung menyita perhatian publik ketika dirinya berhasil mengungkap dan menangkap Muhammad Nazaruddin dalam kasus korupsi Wisma Atlet Hambalang.

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin terlibat dalam kasus korupsi tersebut. Diduga, Nazaruddin ikut menggelapkan dana. Skandal tersebut meletus pada tahun 2011 dan kejadian itu mengurangi kepercayaan publik pada Partai Demokrat.

Selain Nazaruddin, Angelina Sondakh juga ditangkap karena menerima aliran dana. Di sampingnya, juga ada Direktur Utama PT DGI Dudung Purwadi dan Ketua Komite Pembangunan Wisma Atlet Rizal Abdullah. Nazaruddin divonis tujuh tahun penjara terkait kasus tersebut.

2. Miranda S Goeltom

Novel Baswedan ikut andil dalam menangani kasus suap pemilihan Dewan Gubernur Senior Bank Indonesia. Kasus korupsi senilai 20,8 miliar itu menyeret Deputi Gubernur BI Miranda S Goeltom.

Baca Juga: Kronologi Novel Baswedan Cs Tangkap Edhy Prabowo dan Istri Sepulang dari AS

Kasus ini sempat membuat publik tak percaya pada industri perbankan Indonesia. Kejadian menghebohkan bisnis bidang keuangan ini terjadi pada tahun 2011, hampir bersamaan dengan diungkapnya Muhammad Nazaruddin yang terlibat dalam kasus korupsi Wisma Atlet Hambalang.

Komentar