alexametrics

Penuh Jenazah Corona, Lahan TPU Srengseng Sawah Belum Mau Ditambah

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Penuh Jenazah Corona, Lahan TPU Srengseng Sawah Belum Mau Ditambah
Petugas mengusung peti berisi jenazah yang meninggal dunia karena COVID-19 untuk dimakamkan di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Jumat (15/1/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

"Makanya lagi dipersiapkan. Enggak bisa cepat, makanya disiapkan di Bambu Apus," tuturnya.

Suara.com - Lahan khusus jenazah pasien Covid-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah akan segera penuh hari ini, Jumat (22/1/2021). Namun, belum ada rencana penambahan lahan baru di tempat itu.

Kepala Satuan Pelaksana Zona 15 TPU Srengseng Sawah, Sutandyo mengatakan sebenarnya ada lahan kosong tersedia di dekat TPU itu. Namun belum ada arahan dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta untuk menggunakannya.

Pihaknya sejauh ini baru menerima perintah untuk membersihkan lahan yang berlokasi di seberang TPU itu saja.

"Hari ini mau kerja bakti cuma enggak tahu mau dipakai dinas apa enggak. Belum ada keputusan apa-apa," ujar Sutandyo saat dihubungi Suara.com, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga: Cuma Bertahan 11 Hari, TPU Srengseng Sawah Khusus Covid-19 Hari Ini Penuh

Selain itu, kata Sutandyo, pengerjaan lahan makam baru di tempat itu akan memakan waktu lama. Karena itu tidak mungkin langsung ada pembukaan makam baru di TPU Srengseng Sawah dalam waktu dekat dan jenazah harus dimakamkan di tempat lain.

"Makanya lagi dipersiapkan. Enggak bisa cepat, makanya disiapkan di Bambu Apus," tuturnya.

Jika memang jadi, maka lahan baru yang diperkirakan seluas 1,4 hektar itu bisa dipakai untuk membut sekitar 1.000 lebih petak makam baru. Namun sejauh ini, lahan itu masih perlu diproses untuk dinilai bisa dipakai atau tidaknya.

"Pembersihan lahan tapi belum tahu apakah itu layak atau enggak. Nanti dinas yang melihat," pungkasnya.

Baca Juga: Baru Dibuka, TPU Bambu Apus Telah Makamkan 2 Jenazah Pasien Covid-19

Komentar