facebook

Apa itu Burak? Kendaraan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj

Fitri Asta Pramesti
Apa itu Burak? Kendaraan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj
Apa itu Burak - foto pemandangan kota tua Yerusalem, dengan kubah emas Masjid Al-Aqsa.(Shutterstock).

Berikut informasi mengenai apa itu Burak.

Suara.com - Peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW mulai dari Masjidil Haram di Mekkah kemudian menuju Masjidil Aqsa di Yerusalem kemudian Allah SWT menaikkan Nabi Muhamamd SAW ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Saat itu, Nabi Muhammad melakukan perjalanan dengan menaiki kendaraan super cepat bernama Burak. Lebih jelasnya, berikut informasi mengenai apa itu Burak

Isra’ Mir’aj Nabi Muhammad SAW terjadi dalam satu malam saja. Nabi Muhammad SAW melakukan perjalananya dengan menunggangi burak. Burak berasal dari kata “barqu” yang memiliki arti “kilat”, maka dari itu burak diasumsikan sebagai kendaraan yang memiliki kecepatan kilat atau melebihi gerakan cahaya. 

Istilah “barqu” ini ditemui dalam surat Al-Baqarah 20 yang berbunyi:

“Hampir saja kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali (kilat itu) menyinari, mereka berjalan di bawah (sinar) itu, dan apabila gelap menerpa mereka, mereka berhenti. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya Dia hilangkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sungguh, Allah Kuasa atas segala sesuatu."

Baca Juga: 50 Ucapan Isra Miraj 1442 H, Siap Dibagikan pada 11 Maret 2021 Esok!

Burak merupakan binatang ghaib yang tidak dapat dijumpai di alam ini. Allah berfirman, “Dialah Tuhan yang mengetahui yang ghaib, dan Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya, Maka Sesungguhnya Dia Mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya. (QS. Al-Jin: 26 – 27)”

Burak memiliki kemampuan yang luar biasa karena diketahui dapat melaju dengan secepat kilat yang dapat menembus langit.

Berikut adalah bentuk dan sifat Burak yang disebutkan dalam hadist shahih:

  1. Bentuknya seperti binatang tunggangan
  2. Ukurannya lebih tinggi dari keledai dan lebih pendek dari bighal. (Bighal adalah peranakan hasil perkawinan antara kuda dengan keledai)
  3. Berwarna putih
  4. Langkah kakinya, sejauh ujung pandangannya
  5. Bisa diikat sebagaimana layaknya hewan tunggangan

Banyak orang yang menggambarkan Burak merupakan kuda yang memiliki sayap. Namun tidak ada hadist yang menjelaskan keberadaan sayap Burak.

Demikian informasi mengenai apa itu burak yang merupakan kendaraan super cepat Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan Isra Miraj

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Isra Miraj 11 Maret 2021, Cocok untuk Postingan Medsos

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar