alexametrics

Jual Air Es Lebih dari Rp 3.500, Restoran Ini Kena Operasi Petugas

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Jual Air Es Lebih dari Rp 3.500, Restoran Ini Kena Operasi Petugas
Ilustrasi minum air putih saat perut kosong. (Shutterstock)

Restoran hingga kedai di tidak boleh menjual air es lebih dari Rp 3.500 ringgit.

Suara.com - Pihak berwenang Malaysia menindak restoran yang menjual segelas air es atau air putih melebihi batas harga yang ditentukan yakni sebesar 1 ringgit atau sekitar Rp 3.500.

Menyadur World Of Buzz, Minggu (11/4/2021) Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Urusan Konsumen (KPDNHEP) menindak restoran dan tempat makan yang mengenakan biaya lebih dari 1 ringgit untuk segelas air putih.

KPDNHEP menggelar operasi yang dinamakan dengan Ops Catut 8.0 (Air Biasa). Operasi tersebut saat ini berlangsung di restoran kelas atas, kedai makanan cepat saji, waralaba, restoran, dan kios di seluruh negeri hingga 15 April.

Sebanyak 12 pemberitahuan terhadap penyedia makanan dan minuman telah dikeluarkan karena menjual air putih di atas harga yang ditetapkan yakni 1 ringgit (Rp 3.500) per gelas sejak operasi dimulai.

Baca Juga: Greysia/Apriyani Atur Strategi Gas dan Rem Jelang Olimpiade Tokyo

"Pedagang yang diberi pemberitahuan diberi waktu dua hingga lima hari kerja untuk memberikan informasi yang diperlukan seperti yang diinstruksikan." jelas Direktur KPDNHEP Selangor Muhammad Zikril Azan Abdullah.

Konsumen dapat mengajukan pengaduan terkait masalah ini dan praktik perdagangan tidak bermoral lainnya di e-aduan@kpdnhep.gov.my.

Komentar