facebook

Diserang Teroris Zakiah Aini, Mabes Polri: SOP Pengamanan Berjalan Baik

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Diserang Teroris Zakiah Aini, Mabes Polri: SOP Pengamanan Berjalan Baik
Teroris perempuan berjilbab Zakiah Aini

"Semua disimpulkan bahwa SOP sudah berjalan dengan baik..."

Suara.com - Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Rusdi Hartono menyatakan, tidak ada kelalaian dalam standar operasi prosedur (SOP) pengamanan di Mabes Polri saat terduga teroris Zakiah Aini melakukan penyerangan. Dia menyatakan bahwa SOP terkait hal itu sudah berjalan dengan baik.

Penyataan itu disampaikan Rusdi merujuk pada audit internal yang telah dilakukan oleh kepolisian. Audit tersebut tentunya juga dilakukan di sejumlah markas kepolisian yang di sejumlah wilayah di Tanah Air.

"Semua disimpulkan bahwa SOP sudah berjalan dengan baik. Ini tidak di Mabes Polri saja, di satuan-satuan kewilayahan telah dilakukan audit pengamanan sehingga betul-betul pengamanan di markas-markas kepolisian dapat berjalan dengan baik," kata Rusdi di Mabes Polri, Selasa (13/4/2021).

Rusdi mengatakan, kini pihaknya telah meningkatkan pengamanan untuk masuk menuju Mabes Polri. Misalnya, dilakukan pemeriksaan terhadap tamu-tamu yang hendak masuk ke dalam Mabes Polri.

Baca Juga: Teman Kampus Ungkap Sosok Zakiah Aini: Cewek Pendiam, Suka Mojok di Kelas

"Sekarang, rekan-rekan bisa melihat sendiri bagaimana pemeriksaan pada tempat-tempat penjagaan itu akan ditingkatkan lagi, terutama bagi masyarakat atau tamu yang memiliki kepentingan di Mabes Polri," jelas dia.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengakui, penyerangan bersenjata pistol terhadap Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/3), adalah perempuan berinisial ZA atau Zakiah Aini. Dalam konferensi pers, Rabu malam, Jenderal Listyo menegaskan Zakiah Aini diduga berafiliasi dengan ISIS.

"Dia lone wolf, ISIS, yang dibuktikan dengan postingan bersangkutan di sosial media," kata Listyo.

Listyo mengatakan, Zakiah Aini masuk ke kompleks Mabes Polri dari pintu belakang. Dari sana, dia langsung mengarah ke pos gerbang utama Mabes Polri.

"Yang bersangkutan kemudian menanyakan ke anggota, di mana keberadaan kantor pos. Oleh anggota ditunjukkan arah ke kantor pos," sambungnya.

Baca Juga: Bali Waspada Aksi Teror Usai Bom Gereja Makassar dan Teroris Mabes Polri

Kemudian, Zakiah Aini meninggalkan pos jaga. Tapi, tak lama, dia berjalan kembali ke arah pos jaga dan langsung melakukan penembakan sebanyak enam kali, dua di antaranya menyasar anggota polisi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar