facebook

Doa Nuzulul Quran, Bacaan Latin dan Artinya

Fitri Asta Pramesti
Doa Nuzulul Quran, Bacaan Latin dan Artinya
Doa Nuzulul Quran - ilustrasi berdoa. (Pixabay/surgull01)

Berikut bacaan latin dan arti doa Nuzulul Quran.

Suara.com - Nuzulul Quran merupakan peristiwa penting di bulan Ramadan sehingga, sudah sepantasnya umat Islam memperbanyak amalan salah satunya dengan membaca doa Nuzulul Quran.

Di Indonesia, masyarakat memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan malam Nuzulul Quran yang jatuh pada malam 17 Ramadhan 1441 H.

Doa Nuzulul Quran

Berikut doa yang bisa di baca pada malam Nuzulul Quran:

Baca Juga: Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar, Sudah Tahu?

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

Artinya:

"Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Alquran."

Kisah Nuzulul Quran

Nuzulul Quran adalah peristiwa pertama kali diturunkannya wahyu Allah SWT berupa Alquran yaitu Surah Al-Alaq ayat 1-5 kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi di Gua Hiro (Makah) pada malam ke-17 Ramadan.

Baca Juga: Doa Puasa Hari ke 17 Ramadhan Lengkap dengan Artinya

Ayat 1-5 Surat Al-Alaq, yang artinya “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar