alexametrics

Nadiem Makarim Minta Penerima Beasiswa LPDP Tak Hanya Belajar di Kelas

Erick Tanjung | Stephanus Aranditio
Nadiem Makarim Minta Penerima Beasiswa LPDP Tak Hanya Belajar di Kelas
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim [SuaraSulsel.id / Sekretariat Presiden]

Dengan belajar di luar negeri, mahasiswa dapat meningkatkan intelektualitas dan pembentukan karakter, kata Nadiem.

Suara.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim berharap penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP bisa mengembangkan karakter di negara lain. Nadiem menyebut dengan belajar di luar negeri, mahasiswa dapat meningkatkan intelektualitas dan pembentukan karakter.

"Saya memiliki pengalaman sebagai pelajar dan mahasiswa internasional di Singapura, Amerika dan Inggris. Saya mengejar mimpi dan menempuh pendidikan di tiga lingkungan yang berbeda dan ketiganya telah membentuk saya secara intelektual maupun karakter," kata Nadiem, Selasa (11/5/2021).

Namun, menurut Nadiem pelajar di kelas terkadang kurang mampu mengembangkan skill di dunia kerja, sehingga dia minta para penerima beasiswa LPDP untuk mengembangkan diri di lingkungan luar negeri, tak hanya di kelas.

"Kami ingin situasi tersebut berubah, caranya adalah dengan mentransformasi sistem pendidikan tinggi agar lebih relevan dengan dunia yang di luar kampus, mahasiswa sekarang punya keluar belajar dari praktik terbaik di dunia industri, organisasi kemanusiaan dan institusi penelitian kelas dunia melalui program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka," ucapnya.

Baca Juga: Lucu! Viral Penampakan Menteri Nadiem Makarim Terima Suap

Diketahui, Kemendikbudristek bersama LPDP akan memberangkatkan 1.000 mahasiswa Indonesia ke luar negeri dalam program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso mengatakan sedikitnya ada 60 perguruan tinggi dari 31 negara yang sudah bisa menerima mahasiswa dari luar negeri pada masa pandemi Covid-19.

Dwi juga menjamin seluruh biaya hidup bulanan akan ditanggung negara sesuai dengan ketentuan LPDP, termasuk asuransi kesehatan.

"Kemudian juga kalau diperlukan, kita juga akan membayarkan tes PCR untuk covid-19 sebelum berangkat, maupun nanti ketika kembali ke Indonesia," jelasnya.

Pendaftaran sudah dibuka pada Pendaftaran IISMA telah dibuka 10-22 Mei 2021 dan untuk melihat perguruan tinggi luar negeri mitra IISMA, calon penerima beasiswa dapat mengecek persyaratan masuk dan daftar mata kuliah masing-masing universitas di http://ringkas.kemdikbud.go.id/IISMA.

Baca Juga: Nadiem Makarim Unggah Foto Terima Suap, Warganet: Jadi Pengen Nih

Komentar