alexametrics

Anggota DPR Ini Sebut Larangan Mudik Lebaran Cukup Berhasil

Bangun Santoso | Novian Ardiansyah
Anggota DPR Ini Sebut Larangan Mudik Lebaran Cukup Berhasil
ILUSTRASI larangan mudik. [Foto: Suarajatimpost]

Menurut Dasco tanpa dilakukan mitigasi melalui kebijakan pelarangan mudik, tidak terbayang angka positif Covid-19 akan melonjak drastis

Suara.com - Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad menilai kebijakan pelarangan mudik lebaran yang dilakukan pemerintah sudah cukup berhasil. Pelarangan mudik berdampak menurunkan migrasi masyarakat ke daerah, kendati masih ada yang nekat.

Menurut Dasco tanpa dilakukan mitigasi melalui kebijakan pelarangan mudik, tidak terbayang angka positif Covid-19 akan melonjak drastis akibat perpindahan masyarakat. Pasalnya aktivitas mudik memunculkan keramaian dan kerumunan.

"Menurut saya pemerintah cukup berhasil dalam mencegah penyebaran Covid 19 dengan melarang warga untuk mudik. Meski masih ada sebagian kecil yang nekat mudik, tapi bagi saya secara keseluruhan sudah cukup berhasil," kata Dasco dalam keterangannya, Rabu (19/5/2021).

Namun di sisi lain Dasco menyesalkan masyarakat yang masih nekat mudik. Terlebih dengan adanya oknum masyarakat yang bahkan melawan aparat kepolisian saat saat diberhentikan, seperti yang videonya viral di kawasan Bekasi, Sukabumi dan Banten.

Baca Juga: 3.464 Orang Kena Penyekatan Larangan Mudik di Kota Singkawang

Seharusnya, kata Dasco, masyarakat memiliki kesadaran dan memahami pertimbangan kenapa pemerintah membuat kebijakan pelarangan mudik.

"Semua orang pasti ingin merayakan hari raya bersama keluarga di kampung halaman. Tapi kondisi saat ini tidak memungkinkan. Kita tidak hidup sendirian, jadi kita tidak boleh menggampangkan situasi pandemi ini ," ujar Dasco.

Komentar