alexametrics

Hari Besar Agama Islam: Tahun baru Islam hingga Idul Adha

Rifan Aditya
Hari Besar Agama Islam: Tahun baru Islam hingga Idul Adha
Hari Besar Agama Islam: Tahun baru Islam hingga Idul Adha - Pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Raya Al Mashun Medan. [Suara.com/Muhlis]

Berikut beberapa hari besar Agama Islam yang wajib diketahui umat muslim agar tidak terlewat merayakannya.

Suara.com - Setiap umat beragama tentu memiliki hari-hari penting yang diperingati secara rutin pada tanggal-tanggal tertentu. Begitu pula umat muslim yang memiliki hari besar agama Islam yang bermakna mendalam. 

Dalam satu tahun, terdapat beberapa hari besar agama Islam yang selalu diperingati oleh umatnya. Hari-hari tersebut biasanya menjadi penanda sebuah peristiwa penting dalam sejarah Islam maupun berkaitan dengan ibadah tertentu. Hari besar itu biasanya dihitung berdasarkan kalender Islam atau kalender Hijriyah. 

Berikut beberapa hari besar Agama Islam yang wajib diketahui umat muslim agar tidak terlewat merayakannya. 

1. Tahun baru Islam

Baca Juga: Rukun Iman dan Rukun Islam yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Tahun baru Islam disebut juga tahun baru Hijriyah. Tahun baru ini jatuh pada tanggal 1 Muharram. Sistem penanggalan ini berdasarkan peredaran bulan. 

Menurut sejarah, tahun Hijriyah menandai awal hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Umat Islam biasa memperingatinya dengan memperbanyak Ibadah dan membuat acara pengajian di masjid maupun tempat berkumpul lainnya. 

2. Maulid Nabi Muhammad

Maulid Nabi merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal. Tidak hanya mengenang Rasulullah, umat muslim juga meneladani sifat dan kehidupan Nabi Muhammad. Umat Islam biasanya mengadakan perayaan dan memperbanyak shalawat. 

3. Isra Miraj

Baca Juga: Puasa Arafah: Niat, Tata Cara dan Keutamaan

Isra Mi'raj merupakan salah satu peristiwa penting dalam Islam karena pada saat itu Allah menurunkan perintah salat lima waktu kepada umat-Nya. Momen istimewa itu diperingati setiap 27 Rajab. 

Komentar