alexametrics

Selama PPKM Darurat, Mendes PDTT Imbau Kepala Desa Hidupkan Pos Gerbang Desa

Fabiola Febrinastri
Selama PPKM Darurat, Mendes PDTT Imbau Kepala Desa Hidupkan Pos Gerbang Desa
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar. (Dok: Kemendes PDTT)

Ruang Isolasi Desa juga sebaiknya diaktifkan kembali.

Suara.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar kembali mengeluarkan imbauan berkaitan dengan pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa - Bali, pada 3-20 Juli 2021. Imbauan ditujukan kepada kepala desa dan Relawan Desa Lawan Covid-19 yang telah dibentuk sejak 2020 untuk mengaktifkan kembali Pos Gerbang Desa.

"Era PPKM Darurat ini, saya imbau para kepala desa dan Relawan Desa Lawan Covid-19 untuk lebih aktifkan Pos Gerbang Desa," kata Halim Iskandar, Selasa (6/7/2021).

Ia berharap, pos jaga ini terpantau selama 24 jam untuk melakukan pendataan terhadap arus keluar masuk warga, khususnya perantau yang kembali ke desa dan tamu, yang disertai status mereka sebagai orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP).

Mengingat pemberlakuan PPKM Darurat ini, Halim mengatakan, sebaiknya batasi aktivitas dan jika memungkinkan, melarang orang luar desa untuk masuk dalam wilayah desa.

Baca Juga: Program Indonesia Spice Up the World, Kementerian PDTT Siap Dukug BUMDes

"Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 yang sedang mengganas saat ini," katanya.

Selain itu, Ruang Isolasi Desa juga sebaiknya diaktifkan kembali. Ruang Isolasi ini ditujukan bagi warga desa yang ingin kembali masuk, setelah keluar wilayah desa. Apalagi bepergian ke daerah yang termasuk zona merah.

“Alhamdulillah dari regulasi yang kita buat, terbentuklah ribuan desa yang membentuk relawan desa lawan covid-19,” ujar Doktor Honoris Causa dari UNY ini

Pria yang akrab disapa Gus Halim ini mengatakan, diterjunkannya Relawan Desa Lawan Covid-19 dalam melakukan berbagai penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 di desa, dinilainya cukup efektif dalam menekan angka penyebaran.

Meski demikian ia mengakui, timbulnya varian baru Covid-19 belakangan ini berdampak pada peningkatan angka penularan. Sebelumnya, Gus Halim mengimbau warga desa tetap di rumah dan membatasi segala bentuk aktivitas di luar rumah, kecuali ada keperluan yang sangat mendesak,.

Baca Juga: Mendes PDTT Dukung Gagasan Desa Devisa

Halim Iskandar mengatakan, salah satu cara agar pandemi Covid-19 segera berlalu adalah jika warga desa tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

Halim Iskandar juga minta, agar warga desa selalu menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Warga desa diajak untuk selalu berdoa agar pandemi Covid-19 berlalu dan ekonomi Indonesia bisa bangkit kembali.

Komentar