alexametrics

Gerakan Warga Bantu Warga, Aksi Nyata Masyarakat Bantu Pemerintah Atasi Tsunami Covid-19

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo
Gerakan Warga Bantu Warga, Aksi Nyata Masyarakat Bantu Pemerintah Atasi Tsunami Covid-19
Relawan gerakan warga bantu warga (youtube)

Najwa Shihab: Warga Bantu Warga, tak ada yang lebih kuat selain warga yang membantu sesama.

Suara.com - Di tengah situasi yang semakin keruh akibat penambahan angka postif Covid-19 yang belum juga menurun, muncul inisiatif dari sekelompok orang yang peduli untuk membantu sesama.

Dalam tayangan Mata Najwa yang videonya diunggah di kanal Youtube Najwa Shihab pada Kamis (8/7/2021) dibahas tentang sebuah gerakan baru dari masyarakat yaitu 'Warga Bantu Warga'.

Gerakan tersebut merupakan aksi nyata masyarakat yang ingin membantu pemerintah dan membantu sesama warga dalam masa-masa sulit ini.

Lewat website wargabantuwarga.com, siapa saja yang mau, bisa bergabung menjadi relawan, menambah informasi terkait Covid-19, serta memperoleh informasi atau bantuan, baik bagi diri sendiri maupun orang di sekitar.

Baca Juga: PAN Sebut Usulan Rosaline Pendapat Pribadi: Justru Kami Usul Rakyat Dapat RS Pejabat

"Di sana terdapat sumber-sumber informasi yang esensial, kemenkes, hotline pemerintah, di mana cari tabung oksigen, ambulans, rumah sakit," ujar Muhammad Alfatih Timur relawan Warga Bantu Warga, seperti dikutip suara.com, Kamis (8/7/2021).

Dijelaskan pula bahwa gerakan dan platform ini dibuat berdasarkan banyaknya inisiatif warga di media sosial maupun di aktivitas sehari-hari untuk membantu sesamanya yang membutuhkan bantuan terkait Covid-19.

Oleh sebab itu, Warga Bantu Warga hadir untuk mengakomodasi dan menghimpun inisiatif-inisiatif masyarakat.

Inisiator gerakan kawal Covid-19 (youtube)
Inisiator gerakan kawal Covid-19 (youtube)

Dalam segmen selanjutnya, Ainun Najib, inisiator gerakan Kawal Covid-19 menjelaskan bahwa Warga Bantu Warga diinisiasi sebagai wujud nyata masyarakat yang ikut ambil bagian membantu pemerintah yang sedang kesulitan menangani pandemi.

"Kalau tidak ada tindakan drastis, bulan Juli bisa jadi lebih dari 100.000 orang meninggal, jadi ayo kita bantu pemerintah yang sedang kewalahan ini, silahkan semua warga atau komunitas gabung dengan Warga Bantu Warga" ujarnya.

Baca Juga: Simak, Ini Tips Meningkatkan Asupan Vitamin D saat Isolasi Mandiri di Rumah

Dalam tayangan tersebut, Ainun Najib menceritakan pengalaman sebuah rumah sakit di India yang mendapat bantuan di detik-detik menjelang persediaan oksigen habis. 

Komentar