alexametrics

Tata Cara Sholat Idul Adha 1442 H/2021 yang Dilaksanakan di Rumah

Rifan Aditya
Tata Cara Sholat Idul Adha 1442 H/2021 yang Dilaksanakan di Rumah
Ilustrasi Tata Cara Sholat Idul Adha 1442 H/2021 yang Dilaksanakan di Rumah - Menko Polhukam Mahfud MD saat melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah dinasnya, di Jakarta, Kamis (13-5-2021). (ANTARA/HO-Dok Pribadi)

Berikut ini adalah panduan tata cara sholat Idul Adha di rumah yang dikutip dari berbagai sumber:

Suara.com - Besok Selasa, 20 Juli 2021 adalah Idul Adha 1442 H. Lantaran masih PPKM Darurat, maka Kemenag juga mengimbau agar sholat Idul Adha dilaksanakan di rumah. Seperti apa tata cara sholat Idul Adha di rumah? Simak penjelasan berikut

Terlebih lagi bagi umat muslim yang tinggal di zona merah dan oranye, dianjurkan untuk sholat Idul Adha di rumah. Berbeda dengan salat di lapangan atau masjid. Maka dari itu tata cara sholat Idul Adha di rumah perlu anda ketahui.

Untuk mencegah terjadinya penambahan angka positif Covid-19, bagi zona merah dan oranye memang diimbau untuk melakukan sholat Idul Adha di rumah saja. Namun, untuk di daerah selain zona merah dan oranye dapat melaksanakan sholat Idul Adha di masjid atau lapangan terbuka, tetapi harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Sholat Idul Adha adalah sholat sunnah dua rakaat yang dianjurkan untuk dikerjakan seluruh umat Islam saat Idul Adha. Perlu diketahui, bahwa sholat Idul Adha yang dilaksanakan di rumah dapat dikerjakan sendirian atau berjamaah. Berikut ini adalah panduan tata cara sholat Idul Adha di rumah yang dikutip dari berbagai sumber:

Baca Juga: Aturan Baru, Ini Syarat Gelar Salat Iduladha Berjamaah Besok

1. Bacaan Niat Sholat Idul Adha

Bacaan niat sholat Idul Adha sendiri: "Usholli sunnatan 'iidil adhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta'aalaa".

Artinya: "Aku berniat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala".

Bacaan niat sholat Idul Adha berjamaah: "Usholli sunnatan 'iidil adhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati (makmuman/imaaman) lillaahi ta'aalaa".

Artinya: "Aku berniat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta'ala".

Baca Juga: Cara Sholat Idul Adha di Rumah Sesuai Anjuran MUI, Mudah dan Lengkap

2. Tata Cara Sholat Idul Adha

Komentar