alexametrics

Kisah Pemuda Surabaya Tak Menyangka Jadi Tentara Amerika, Gaji Tembus Rp 718 Juta

Bangun Santoso
Kisah Pemuda Surabaya Tak Menyangka Jadi Tentara Amerika, Gaji Tembus Rp 718 Juta
Jovan Zachary Winarno saat melakukan pelatihan di Panama (dok: Jovan/via VOA Indonesia)

Pemuda 20 tahun asli keturunan Surabaya itu tak pernah menyangka bisa jadi tentara AS, padahal awalnya sama sekali tak bisa Bahasa Inggris

Suara.com - Berawal dari keinginan untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat, pemuda asal Surabaya, Jovan Zachary Winarno kini malah menjadi tentara angkatan laut di negeri Paman Sam itu.

Dalam unggahan video-videonya di YouTube, Jovan terlihat memakai seragam tentara lengkap sambil menceritakan mengenai kesehariannya sebagai tentara di AS.

Penampilannya dan kisahnya berhasil menarik perhatian warganet dan juga teman-temannya di Indonesia, yang kerap menanyakan kabarnya.

Jarene kabeh kuliah, malah dadi tentara, yo opo sih kon iku?” (Katanya semua kuliah, kok malah jadi tentara? Gimana sih kamu itu?”) cerita Jovan lewat wawancara Skype dengan VOA beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Tentara AS Cantik Digoda Petugas Kesehatan Viral, Netizen: Duh, Pacak Nian

“Enggak Bisa Ngomong Inggris”

Saat menginjakkan kaki di AS pada tahun 2018, Jovan (20 tahun) mengaku “enggak bisa ngomong Inggris sama sekali.” Bertekad untuk meneruskan pendidikan, ia pun memberanikan diri untuk pindah ke AS, tepatnya ke Los Angeles, California.

Di Amerika pun, Jovan mulai “belajar sedikit-sedikit” bahasa Inggris.

“Dibilang lancar, juga enggak. Ya, lumayanlah,” ujar Jovan dengan logat Jawanya yang kental.

Sebelum kuliah, Jovan mengaku ingin merasakan bekerja di AS dulu. Dibantu oleh teman ayahnya, Jovan lalu pindah ke Texas untuk bekerja sebagai pelayan restoran selama enam bulan. Suatu hari ia mendapat informasi mengenai menjadi tentara di AS, yang mengubah kehidupannya.

Baca Juga: 108 Tentara AS Dikarantina 8 Hari di Yonif 600 Raiders Balikpapan

“Awalnya enggak ada niatan sama sekali. Setelah itu ada anaknya temen papa saya, dia tawarin saya kalau mau masuk tentara. Akhirnya saya masuk, setelah tahu ada banyak benefit-nya,” kenang pria yang hobi main video game ini.

Komentar