alexametrics

Cara Scan Barcode di PeduliLindungi sebagai Syarat Masuk Mal

Rifan Aditya
Cara Scan Barcode di PeduliLindungi sebagai Syarat Masuk Mal
Cara Scan Barcode di PeduliLindungi sebagai Syarat Masuk Mal - Pengunjung memindai kode batang dari aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki pusat perbelanjaan Plaza Blok M, Jakarta, Rabu (11/8/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Berikut cara scan barcode di PeduliLindungi untuk menunjukkan sertifikat vaksin sebagai syarat masuk mal.

Suara.com - Sejak PPKM level 4 diperpanjang hingga 16 Agustus 2021, ada aturan baru yang diterapkan salah satunya syarat masuk mal dengan menunjukkan sertifikat vaksin dari barcode PeduliLindungi. Nah, bagaimana cara scan barcode di PeduliLindungi ini?

Berikut ini cara scan barcode di PeduliLindungi sebagai syarat masuk mal.

  1. Download aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.
  2. Instal aplikasi PeduliLindungi pada perangkat kemudian login menggunakan data pribadi yang diminta seperti email atau nomor telepon yang digunakan saat mendaftar vaksinasi. 
  3. Pada aplikasi PeduliLindungi klik menu Scan QR Code pada menu utama kemudian scan QR Code yang ada di pintu masuk mal. Hasilnya bisa ditunjukkan kepada petugas.
  4. Kemudian hasil akan ditampilkan: warna hijau berarti kamu boleh masuk mal. Warna kuning akan dilakukan verifikasi ulang oleh petugas. Sementara warna merah, kamu tak diizinkan masuk mal.
  5. Setelah proses pemindaian selesai, petugas juga akan meminta sertifikat vaksin yang terdapat dalam aplikasi PeduliLindungi. 

Syarat Masuk Mal dengan Sertifikat Vaksin

Pemerintah berencana melakukan uji coba  pembukaan mal di sejumlah wilayah PPKM level 4.  Uji coba tersebut akan dilakukan di empat kota: Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Meski telah mendapatkan izin untuk dibuka, pengunjung mal tetap dibatasi hanya 25% saja. 

Baca Juga: Soal Masuk Mal Pakai Kartu Vaksin, Satgas Sebut sebagai Percobaan New Normal

Ada sejumlah peraturan yang harus ditaati pengunjung.

  • Pertama, anak berusia di bawah 12 tahun dan orang tua berusia 70 tahun ke atas dilarang masuk mal.
  • Kedua, pengunjung yang akan masuk mal harus sudah divaksin.

Hal tersebut dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 yang dapat diakses pada aplikasi PeduliLindungi yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Aplikasi PeduliLindungi bisa diunduh di Google Play Store maupun App Store. Setelah memasang aplikasi tersebut, pengunjung bisa melihat sertifikat vaksin Covid-19.

Namun, bagi mereka yang belum vaskin tetapi ingin berkunjung ke mal diwajibkan untuk menunjukkan bukti negatif PCR/antigen.

Perlu diingat pengunjung mal juga harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Masker wajib digunakan dan selalu menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Baca Juga: Belum Semua Mal di Kota Surabaya Tertib Pasang Barcode Pedulilindung

Seringlah cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Jangan terlalu sering memegang permukaan benda-benda yang ada di mal tanpa kepentingan.

Komentar