alexametrics

Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel di Istana Negara

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel di Istana Negara
Presiden Joko Widodo resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan periode 2021-2024, Sahbirin Noor dan H Muhiddin di Istana Negara, Rabu (25/8/2021). [Bidik Layar/YouTube Sekretariat Presiden]

Keduanya resmi menjabat setelah mengucap janji sumpah jabatan di hadapan Jokowi.

Suara.com - Presiden Joko Widodo resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan periode 2021-2024, Sahbirin Noor dan H Muhiddin di Istana Negara, Rabu (25/8/2021). Keduanya resmi menjabat setelah mengucap janji sumpah jabatan di hadapan Jokowi.

Melalui siaran langsung dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, terlihat Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan H Muhiddin sudah berada di ruangan untuk menjalani proses pengambilan sumpah jabatan.

Setelah itu, Jokowi didampingi Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Tito Karnavian tiba di ruangan dan proses pelantikan dimulai dengan mengucapkan sumpah jabatan.

"Terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, bersediakah saudara-saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?" tanya Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Kumpulkan Ketum dan Sekjen Parpol Pendukung di Istana Nanti Sore, Ada Apa?

"Bersedia," jawab Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan H Muhiddin.

Jokowi lantas melanjutkan membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh kepala daerah tersebut.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-seluruhnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," demikian sumpah janji jabatan yang diucapkan Jokowi dan diikuti oleh kepala daerah tersebut.

Setelah proses pengucapan sumpah janji jabatan selesai, lagu Indonesia Raya pun dikumandangkan. Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari Jokowi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan H Muhiddin.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo Tinjau Titik Awal Akses Jalan Menuju Ibu Kota Baru

Komentar