alexametrics

Senang Bisa Jumatan di Istiqlal Meski Masih Pandemi, Jemaah: Ini Penantian Panjang

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Senang Bisa Jumatan di Istiqlal Meski Masih Pandemi, Jemaah: Ini Penantian Panjang
Pelaksanaan salat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta di masa Pandemi Covid-19. (Suara.com/Arga)

"...Menurut saya, mungkin penerapan prokes yang sama perlu dilakukan di masjid lain yang berada di pemukiman."

Suara.com - Seorang jemaah mengaku senang bisa kembali menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Jumat (27/8/2021) hari ini. Kerinduan yang ditunggu begitu lama karena adanya kebijakan PPKM di masa pandemi Covid-19 itu akhirnya berakhir seusai pemerintah memberikan kelonggaran terkait kapasitas si tempat ibadah.

"Alhamdulillah ya, penantian panjang memang sejak lama saya ingin mampir ibadah lagi di Istiqlal baru kesampean," kata jemaah bernama Muhammad Resha saat dijumpai usai salat Jumat.

Resha juga turut mengapresiasi soal penerapan protokol kesehatan yang berlangsung hari ini. Menurut dia, penetapannya sudah berjalan dengan baik sehingga ibadah bisa berlangsung secara khusuk.

"Sudah baik sih ya. Mungkin karena ini di pusat kota jadi lebih disiplin. Menurut saya, mungkin penerapan prokes yang sama perlu dilakukan di masjid lain yang berada di pemukiman," sambungnya.

Baca Juga: Wapres Salat Jumat di Masjid Istiqlal Sekaligus Tinjau Pembangunan Terowongan Silaturahmi

Resha juga berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga ke depan ibadah bisa berlangaung secara normal. Tak hanya itu, dia juga berharap agar masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan kasus Covid terus menurun jadi tidak harus ada kebijakan menutup ibadah sementara. Bagi masyarakat juga diharapkan tetap disiplin prokes saat beribadah," tutup dia.

Wapres Tinjau Prokes

Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Istiqlal, hari ini. Eks Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu terlihat ketika salat Jumat sudah selesai dan terpantau menaiki mobil golf sekaligus meninjau kawasan Masjid Istiqlal.

Hanya saja, tidak ada wawancara secara langsung terhadap Ma'ruf Amin. Keterangan ihwal kegiatan sang Wakil Presiden disampaikan dalam siaran pers yang diterima hari ini, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: Salat Jumat di Istiqlal Terapkan Prokes Ketat, Maruf Amin Datang Meninjau

Dalam keterangannya, Ma'ruf Amin melakukan peninjauan protokol kesehatan di Masjid Istiqlal dan kemudian berlanjut ke Gereja Katedral. Kunjungan berawal di Masjid Istiqlal dan sekaligus Ma'ruf turut menunaikam ibadah salat Jumat di sana. 

Komentar