alexametrics

6 Cara Cek NIK KTP secara Online Tanpa Ribet

Rifan Aditya
6 Cara Cek NIK KTP secara Online Tanpa Ribet
Cara cek NIK KTP secara online - Ilustrasi KTP

Setidaknya ada 6 cara cek NIK KTP secara online yang bisa digunakan dalam rangka memeriksa NIK KTP secara praktis dan tanpa ribet.

Suara.com - Mengetahui NIK KTP kini bisa dilakukan secara online. Anda tak perlu repot, ketika lupa dan tidak membawa KTP Anda. Beberapa cara cek NIK KTP secara online bisa digunakan, asal Anda tetap terhubung ke internet atau memiliki sedikit pulsa.

Setidaknya ada 6 cara cek NIK KTP secara online yang bisa digunakan dalam rangka memeriksa NIK KTP secara praktis dan tanpa ribet.

Cara Cek NIK KTP secara Online

1. Hubungi Call Center Dukcapil

Baca Juga: 6 Langkah Praktis Cek NIK KTP dari Rumah, Cukup Goyangkan Saja Jarimu

Anda bisa secara langsung menghubungi call center Halo Dukcapil melalui nomor 1500 537 untuk memersika NIK KTP. Cara ini bisa digunakan untuk menyelaraskan NIK lama dan NIK baru, serta data yang valid pada Kartu Keluarga.

2. Dengan Situs Kemendagri

Cara cek NIK KTP kedua bisa menggunakan akses ke situs resmi Kemendagri, pada dukcapil.kemendagri.go.id. Anda tinggal cari menu eKTP, dan isikan NIK yang Anda miliki. Jika ternyata NIK tersebu valid, maka Anda akan diarahkan ke tampilan yang berisi data lengkap KTP Anda.

3. Cek NIK KTP melalui WhatsApp

Anda juga bisa menggunakan layanan via WhatsApp untuk cek NIK KTP secara online. Cukup kirimkan pesan ke nomor 0813 2691-2479, dengan mengirimkan nama lengkap, NIK, dan kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. Dalam waktu singkat Anda akan mendapatkan informasi lengkapnya.

Baca Juga: MUDAH! Cara Cek NIK KTP via WhatsApp

INFOGRAFIS: Cara Cek NIK KTP, Lebih Praktis Lewat Online
INFOGRAFIS: Cara Cek NIK KTP, Lebih Praktis Lewat Online

4. Cek NIK KTP melalui Layanan SMS

Untuk cek NIK KTP secara online lewat SMS nomor yang dihubungi adalah 0815 3636 9999. format pesan yang dikirimkan adalah Cek#KTP#NIK. Tinggal tunggu beberapa saat, maka Anda akan mendapatkan informasi lengkap terkait NIK.

5. Cara Cek NIK KTP Lewat Twitter dan Instagram Resmi

Dukcapil Kemendagri juga memiliki akun media sosial resmi, pada Twitter dan Instagram. Kedua media sosial ini bisa digunakan untuk menanyakan NIK KTP Anda. Caranya simpel, tinggal langsung mengirimkan direct massage saja pada akun tersebut.

INFOGRAFIS: Cara Mengatasi NIK KTP Tidak Terdaftar
INFOGRAFIS: Cara Mengatasi NIK KTP Tidak Terdaftar

6. Cek NIK KTP secara Online dengan Email

Terakhir Anda bisa menggunakan layanan email resmi. Alamat email yang bisa digunakan adalah callcenter.dukcapil@gmail.com, dengan format:

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telepon#Keluhan

Tidak sulit bukan cara cek NIK KTP secara online yang disajikan di atas? Hal ini bisa digunakan untuk memastikan validitas NIK yang tercantum dalam KTP Anda, atau memeriksa NIK yang Anda miliki ketika lupa membawa KTP. Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar