alexametrics

Pengertian Majas Personifikasi, Ciri-ciri, dan Contohnya

Rifan Aditya
Pengertian Majas Personifikasi, Ciri-ciri, dan Contohnya
Ilustrasi Baca Buku di Rumah. (UniverList)

Berikut penjelasan tentang majas personifikasi, dari pengertian, ciri-ciri hingga contohnya.

Suara.com - Majas atau gaya bahasa kerap digunakan baik dalam komunikasi sehari-hari maupun berbagai ragam teks dalam bahasa Indonesia, salah satunya majas personifikasi. Majas tersebut termasuk jenis majas yang sering ditemui dalam karya sastra. Lantas apa itu majas personifikasi?

Pengertian Majas

Sebelum membahas lebih dalam, sebaiknya pahami dahulu pengertian majas. Menurut KBBI, pengertian majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain; atau dalam bentuk kiasan. 

Majas memiliki sejumlah fungsi, misalnya menghasilkan kesenangan imajinatif, menambah intensitas perasaan pengarang dalam menyampaikan makna dan sikapnya, dan mengungkapkan sesuatu dengan bahasa yang singkat tetapi maknanya tersampaikan kepada pembaca. 

Baca Juga: Bangga Banget, Kelas Bahasa Indonesia Dibuka di Korea Selatan

Ada berbagai jenis majas dalam Bahasa Indonesia. Majas atau gaya bahasa terbagi menjadi empat macam, yakni majas perbandingan, majas pertentangan, majas pertautan, dan majas penegasan. Sementara majas personifikasi merupakan salah satu jenis majas perbandingan. 

Definisi Majas Personifikasi

Majas personifikasi merupakan majas yang membuat benda mati seolah-olah hidup dan memiliki sifat seperti manusia. Misalnya, menari, berjalan, bernapas, dan melampai. Berikut pengertian majas personifikasi menurut beberapa ahli dikutip dari situs penerbit Deepublish. 

Menurut Tarigan (2013) majas personifikasi adalah gaya bahasa yang melekatkan sifat insani atau manusia terhadap benda yang sesungguhnya tidak memiliki nyata serta ide yang abstrak. Sehingga gaya bahasa personifikasi akan membuat suatu benda yang tidak bernyawa seolah memiliki sifat manusia. 

Sementara itu menurut Gorys Keraf (2010), majas personifikasi merupakan bahasa kiasan yang digunakan untuk menggambarkan benda tidak bernyawa atau makhluk selain manusia seolah-olah mempunyai sifat dan karakteristik seperti manusia.

Baca Juga: Daftar Contoh Kata Baku dan Tidak Baku Sesuai KBBI dan PUEBI

Ciri-ciri Majas Personifikasi

Majas personifikasi memiliki karakteristik tersendiri. Adapun ciri-ciri majas personifikasi  antara lain: 

  • membandingkan benda mati menjadi seperti benda hidup
  • menggunakan kata yang menggambarkan sifat atau sikap manusia
  • majas personifikasi juga melibatkan panca indera.  

Contoh Majas Personifikasi 

Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan majas personifikasi. 

  1. Burung kutilang bernyayi merdu.
  2. Nyiur melambai diterpa angin seolah menyampaikan salam perpisahan.
  3. Sirine ambulan meraung-raung dalam kesunyian malam.
  4. Debur ombak memecah karang.
  5. Api berkobar melalap habis rumah-rumah di desa itu.

Seperti itulah contoh majas personifikasi dan ciri-cirinya. Sekarang apakah kalian sudah paham tentang majas personifikasi dengan benar?

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar