alexametrics

Sempat Terombang-ambing karena Mesin Mati, KM Jervai Akhirnya Lanjutkan Perjalanan ke Dobo

Chandra Iswinarno
Sempat Terombang-ambing karena Mesin Mati, KM Jervai Akhirnya Lanjutkan Perjalanan ke Dobo
KM Jermai berhasil merapat di Kabupaten Dobo yang berada di Kepulauan Aru, Maluku setelah sempat terombang-ambing di tengah laut. [Basarnas Ambon]

Satu kapal motor (KM) Jervai yang mengangkut 100 penumpang terombang-ambing di Perairan Tabarfane di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku pada Sabtu (11/9/2021).

Suara.com - Satu kapal motor (KM) Jervai yang mengangkut 100 penumpang terombang-ambing di Perairan Tabarfane di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku pada Sabtu (11/9/2021).

KM tersebut diketahui mengalami gangguan pada mesin saat terjadinya cuaca buruk.

Menurut Kepala Basarnas Ambon Mustari awalnya kapal kayu tersebut akan berlayar ke Kota Dobo, ibu kota Kepulauan Aru dari Desa Drejol pada Sabtu (11/9/2021) pagi sekitar pukul 07.00 WIT dan diperkirakan akan tiba di Dobo sekitar pukul 13.00 WIT.

“Namun karena cuaca buruk Kapal tersebut mengalami trouble engine,” katanya seperti dikutip dari Terasmaluku.com-jaringan Suara.com pada Sabtu (11/9/2021) petang.

Baca Juga: Angkut 100 Penumpang, KM Jervai Mati Mesin di Kepulauan Aru saat Cuaca Buruk

Setelah menerima informasi tersebut, dikerahkan Kapal Polisi (KP) Teluk Ambon 3002 milik Polairud Polda Maluku pada pukul 16.25 WIT.

“Selama Ops SAR cuaca diselimuti hujan ringan, Angin Timur Tenggara berkecepatan 15 knots, dan rata-rata tinggi gelombang mencapai 2,5 meter,” katanya.

Akhirnya KM Jervai ditemukan Tim SAR gabungan. Setelah dilakukan pengecekan penumpang, ternyata KM Jervai hanya mengangkut 42 penumpang dari Desa Drejol menuju Dobo.

“Tim SAR Gabungan yang bertolak dari Pelabuhan Dobo dengan kapal KP 3002 Polairud Polda Maluku berhasil menemukan KM Jervai pada pukul 18.43 WIT dan berhasil mengevakuasi 23 org penumpang yang terdiri dari wanita dan anak-anak,” katanya di Ambon pada Minggu (12/9/2021).

Selain itu, Tim SAR gabungan juga memberikan bantuan berupa Accu cadangan untuk dipergunakan dalam perbaikan kapal. Setelah berhasil diperbaiki, lapal tersebut kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Kota Dobo dengan membawa 19 penumpang lainnya.

Baca Juga: ABK Terinfeksi COVID 19, Kapal Motor TLE Dikarantina

“Pukul 23.03 WIT, KM Jervai yang di kawal kapal KP 3002 Polairud Polda Maluku tiba dan sandar di pelabuhan beserta seluruh penumpang dalam kondisi selamat,” katanya.

Komentar