alexametrics

Desainer Islandia Bikin Sepatu Khusus untuk Cuaca Buruk, Bentuknya Ekstrem

Rima Sekarani Imamun Nissa | Nur Khotimah
Desainer Islandia Bikin Sepatu Khusus untuk Cuaca Buruk, Bentuknya Ekstrem
Ilustrasi sepatu kotor. (Pixabay/Pexels)

Awas ikut syok melihat sepatu rancangan desainer Islandia ini.

Suara.com - Perubahan iklim menjadi topik yang cukup hangat selama bertahun-tahun. Berangkat dari masalah ini, seorang desainer merancang sepatu yang dinilai cocok untuk dikenakan saat cuaca buruk.

Adalah desainer asal Islandia bernama Sruli Recht yang mencetuskan ide tersebut. Dia membuat koleksi sepatu inovatif yang diberi nama "Damage: Shoes for a Post Traumatic Future".

Melansir Hypebeast, sepatu koleksi Recht dibuat tahan terhadap banjir ekstrem hingga panas yang hebat. Produk-produk tersebut dibuat dengan bahan yang kokoh seperti marmer.

Sepatu yang dibuat untuk mengatasi kondisi banjir adalah Venice Heel yang terbuat dari marmer giok dan pirus. Sepatu ini memungkinkan pemakainya untuk menavigasi ketinggian air.

Baca Juga: Bikin Geleng-Geleng Kepala, Aksi Wanita Haluskan Bahan Makanan Pakai Sepatu Viral

Venice Heel hadir dalam dua gaya, yakni Hi Tide dan Lo Tide. Di mana keduanya memiliki tinggi yang berbeda dan bisa dipakai sesuai dengan ketinggian air banjir pada saat itu.

Koleksi Venice Heel untuk hadapi banjir. (Instagram/@hypebeast)
Koleksi Venice Heel untuk hadapi banjir. (Instagram/@hypebeast)

Berikutnya ada sepatu Phase Change yang khusus digunkan untuk mengatasi panas hebat. Sepatu yang terbuat dari marmer dan perak ini memiliki sistem vaskular yang bisa mendinginkan tubuh.

"Dengan menjalankan serangkaian pipa fleksibel di bawah alas kaki yang panas, panas tubuh akan mengubah carian menjadi gas," kata Sruli Recht dilansir Hypebeast, Selasa (27/7/2021).

"Kemudian akan naik dan mengalir ke tabung di bagian luar sepatu, sehingga mendingin di luar tubuh. Kemudian akan mengalir kembali ke dasar kaki sebagai cairan dingin," lanjutnya.

Sepatu yang terakhir adalah Unbalanced. Produk ini didesain mirip laba-laba dan berfungsi untuk membantu orang lanjut usia yang memiliki masalah keseimbangan.

Baca Juga: Italia Juara, Sepatu Emas Euro 2020 Milik Cristiano Ronaldo

Koleksi Unbalance untuk orang yang bermasalah dengan keseimbangan. (Instagram/@hypebeast)
Koleksi Unbalance untuk orang yang bermasalah dengan keseimbangan. (Instagram/@hypebeast)

Melansir Fast Company, koleksi Unbalanced diklaim bisa membantu otak pemakainya dalam mengatur keseimbangan dengan memanfaatkan ilusi ketidakstablian.

Koleksi unik dan futuristik karya Sruli Recht pun menjadi sorotan di akun Instagram Hypebeast. Banyak warganet yang kaget melihat rancangan sepatu tersebut.

"Apa ini????" celetuk seorang warganet.

"Mereka menyebut ini perusak pergelangan kaki," komentar yang lain.

"Bro, ini nggak mungkin," tutur lainnya tak percaya.

"Apa mereka bisa melewati banjir dengan pakai ini?" kata yang lain.

"Sekali salah langkah dan pergelangan kakimu akan patah," pungkas lainnya.

Sementara itu, Sruli Recht tidak memproduksi koleksi tersebut untuk dijual secara biasa. Dia hanya menjajakannya sebagai karya seni di pasar NFT (Non-Fungible Token).