alexametrics

Tata Cara Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan!

Rifan Aditya
Tata Cara Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan!
Tata Cara Puasa Senin Kamis, Yuk Amalkan! - Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)

Bagi yang ingin menjalannya, simak berikut ini tata cara puasa senin kamis dan bacaan niatnya.

Suara.com - Ada banyak ibadah sunnah yang jika dilakukan setiap waktu akan mendapatkan banyak pahala. Salah satunya yaitu ibadah puasa senin kamis. Bagi yang ingin menjalannya, simak berikut ini tata cara puasa senin kamis dan bacaan niatnya.

Diketahui, pilihan ibadah sunnah bermacam-macam, yang mana dapat dikerjakan setiap waktu atau pada waktu-waktu tertentu, seperti ibadah puasa Senin Kamis. Ibadah puasa senin kamis memiliki keutamaan bukan hanya dapat mencetak amalan baik bagi yang menjalannya, tapi juga menyehatkan jasmani maupun rohani.

Puasa sunah senin kamis dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang bunyinya sebagai berikut.

“Seluruh amal manusia dilaporkan ke hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Senin dan hari Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya sedang bermusuhan.”

Baca Juga: Asal Usul Puasa Senin Kamis, Mengapa Sangat Diutamakan dalam Islam Sebagai Puasa Sunnah?

Berikut Tata Cara Puasa Senin Kamis

Nah, bagi yang akan menjalankan ibadah puasa senin kamis, harus tahu tata caranya agar ibadah puasa kita diterima Allah SWT dan tidak sia-sia. Lantas, bagaimana tata cara puasa Senin Kamis? Simak berkut ini penjelasannya.

1.       Membaca Niat Puasa Senin Kamis

Bagi yang akan menjalankan puasa Sunnah senin kamis, awali dulu dengan membaca niat di malam hari. Namun, jika lupa membacanya di malam hari, bisa dilakukan di pagi hari saat akan berpuasa. Adapun bacaan niat puasa senin kamis nya seperti berikut ini:

  • Niat Puasa Senin
    Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa'ala
    Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala."
  • Niat Puasa Kamis
    Nawaitu shauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala
    Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."

2.       Makan Sahur

Baca Juga: Fakta Menarik Puasa Senin Kamis, Kenapa Puasa Sunnah Dipilih Hari Itu?

Tata cara puasa senin kamis berikutnya yaitu makan sahur. Diketahui, bersantap sahur salah satu ibadah sunnah puasa yang apabila dikerjakan akan dapat pahala serta keberkahan. Namun, jika tidak melakukan sahur karena terlambat bangun, puasanya akan tetap sah.

Komentar