alexametrics

Hadits Tentang Kematian yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Rifan Aditya
Hadits Tentang Kematian yang Perlu Diketahui Umat Muslim
Hadits Tentang Kematian yang Perlu Diketahui Umat Muslim - Warga melakukan ziarah kubur saat Hari Raya Idul Adha di Pemakaman Muslim Wanasari, Denpasar, Bali, Jumat (31/7/2020). [ANTARA FOTO/Fikri Yusuf]

Tidak ada manusia yang mengetahui kapan akan meninggal, karena kematian adalah rahasia Allah SWT. Namun ada sejumlah hadits tentang kematian yang perlu kalian pahami.

Suara.com - Setiap makhluk yang hidup akan mati. Meski begitu, tidak ada manusia yang mengetahui kapan hari kematiannya, karena kematian adalah rahasia Allah SWT. Adapun hadits tentang kematian yaitu seperti berikut ini.

Semua muslim, pastinya menginginkan meninggal dunia dalam kondisi husnul khatimah. Oleh karena itu  untuk bisa mewujudkannya, hendaknya setiap Muslim memperbanyak ibadah dan melakukan amalan-amalan baik semasa hidup di dunia.

Bahkan, Rasulullah SAW memerintahkan kepada umatnya agar selalu ingat akan kematian. Dengan ingat kematian, maka akan membuat Muslim memiliki sikap zuhud dan menghindari keburukan atau hal-hal yang dilarang Allah SWT. 

Mengenai mengingat kematian, dijelaskan juga dalam sejumlah hadist yang dilansir dari berbagai sumber seperti berikut ini.

Baca Juga: 7 Hadits Tentang Kebersihan bagi Umat Muslim

Berikut Hadits Tentang Kematian

1. Hadits selalu berbaik sangka kepada Allah

Rasulullah SAW bersabda bahwa sebelum kita meninggal dunia, hendaknya kita selalu berbaik sangka kepada Allah SWT. Sabda Rasulullah SAW tersebut tertuang dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim seperti berikut ini.

Dari Jabir Radhiyallahu Anhu berkata: Aku mendengar Nabi Shalla Allahu Alaihi Wa Salam bersabda tiga hari sebelum beliau wafat: “Jangalah salah seorang dari kalian meninggal dunia kecuali ia berbaik sangka kepada Allah."

2. Hadits anjuran selalu mengingat kematian

Baca Juga: 3 Hadits Tentang Silaturahmi, Salah Satunya untuk Melapangkan Rezeki

Rasulullah SAW juga menyampaikan agar kita kita selalu mengingat kematian. Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi seperti berikut ini.

Komentar