alexametrics

Menkes Budi Menduga Penularan Covid-19 di PON XX Papua Terjadi di Kamar Atlet

Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
Menkes Budi Menduga Penularan Covid-19 di PON XX Papua Terjadi di Kamar Atlet
Ilustrasi PON XX Papua 2021. Logo dan maskot PON Papua, Kangpho dan Drawa. [ANTARA/HO-PB PON Papua/am]

Menkes Budi Gunadi Sadikin menduga penularan Covid-19 selama gelaran PON XX di Papua terjadi bukan saat pertandingan, tetapi saat di kamar penginapan atau saat makan bersama.

Suara.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menduga penularan Covid-19 selama gelaran PON XX di Papua terjadi bukan saat pertandingan, melainkan ketika berada di kamar penginapan atau saat makan bersama.

Budi menyebut, di dalam kamar yang disediakan panitia, mereka tidur berempat, dan sesi makan masih dilakukan secara bersama-sama.

"Hasil pengamatan kami, terjadinya penularan ini kemungkinan besar disebabkan di tempat penginapan karena memang kamar yang ditempati oleh para atlet itu satu kamar ditempati oleh sekitar empat orang atlet dan juga pada saat makan dilakukan makan bersama," kata Budi dalam jumpa pers virtual, Senin (11/10/2021).

Sejauh ini sudah ada 83 kasus positif yang didominasi oleh atlet, official, dan panitia. Mereka tersebar di beberapa cabang olahraga.

Baca Juga: Menkes Budi Ungkap Tujuh Atlet Positif Covid-19 Kabur dari Tempat Isolasi di PON XX Papua

"Terjadi konsentrasi di beberapa cabor (cabang olahraga), seperti Judo, Sepatu Roda, Motocross, Panahan, dan Cricket," ungkapnya.

Menurutnya, kontingen yang terdeteksi Covid-19 banyak berasal dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, dan Bali.

Bahkan, dia juga mengungkapkan ada tujuh atlet PON XX yang berhasil kabur dari tempat isolasi pasien Covid-19 di Papua.

Ketujuh atlet tersebut langsung pulang ke daerah asalnya, antara lain; satu orang ke Tarakan, dua orang ke Jambi, tiga orang ke Sidoarjo, dan satu ke Yogyakarta.

"Kami juga mengamati ada tujuh atlet yang sebelumnya sudah teridentifikasi positif, berhasil keluar dari tempat isolasi sebelum selesai masa isolasinya," ungkap Budi.

Baca Juga: 29 Atlet PON Papua Positif Covid-19, Pakar Kesehatan Sarankan 7 Hal Ini

Dia mengatakan kabar ini sudah sampai ke telinga Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dan langsung diatasi dengan mengisolasi mereka di daerah asal.

Komentar