alexametrics

Menkes Budi Ungkap Tujuh Atlet Positif Covid-19 Kabur dari Tempat Isolasi di PON XX Papua

Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
Menkes Budi Ungkap Tujuh Atlet Positif Covid-19 Kabur dari Tempat Isolasi di PON XX Papua
Tangkapan layar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang dipantau daring, Senin (26/7/2021). (ANTARA/Devi Nindy)

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, ada tujuh atlet PON XX terkonfirmasi Positif Covid-19 yang kabur dari tempat isolasi di Papua dan bisa kembali ke daerah asalnya.

Suara.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, ada tujuh atlet PON XX terkonfirmasi Positif Covid-19 yang kabur dari tempat isolasi di Papua dan bisa kembali ke daerah asalnya.

Budi mengungkapkan, tujuh atlet tersebut langsung pulang ke daerah asalnya, antara lain; satu orang ke Tarakan, dua orang ke Jambi, tiga orang ke Sidoarjo, dan satu ke Yogyakarta.

"Kami juga mengamati ada tujuh atlet yang sebelumnya sudah teridentifikasi positif, berhasil keluar dari tempat isolasi sebelum selesai masa isolasinya," kata Budi dalam jumpa pers virtual, Senin (11/10/2021).

Dia mengatakan, kabar ini sudah sampai ke telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan langsung diatasi dengan mengisolasi mereka di daerah asal.

Baca Juga: Puluhan Atlet PON XX Papua Positif Covid-19, Begini Kondisi Terkininya

"Atas arahan bapak presiden agar ketujuh atlet yang keburu kembali ke kota asalnya sebelum selesai masa isolasinya ini, bisa segera dikarantina atau diisolasi di tempat kedatangan," jelasnya.

Budi mengatakan, PON XX Papua ini akan menjadi pembelajaran bagi pemerintah untuk menyelenggarakan kegiatan besar.

"Hal ini menjadi catatan agar kedepannya untuk acara besar seperti ini ada perbaikan prokes yang bisa kami lakukan," ungkapnya.

Berdasarkan catatan Kemenkes, sejauh ini sudah ada 83 kasus positif Covid-19 selama gelaran PON XX di Papua, mereka didominasi oleh atlet, ofisial, dan panitia.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Merevisi Aturan Karantina Atlet PON XX Papua 2021

Komentar